KETIKNEWS.ID,-- Pengusaha muda sekaligus pemilik MUNIM dan Maomao Thai Tea, Affan Arisga mengungkapkan tiga formula penting dalam memulai usaha bagi pelaku UMKM.
Tiga formula memulai usaha tersebut Affan Arisga ungkapkan pada kegiatan Gerakan Akar Digital, Jurus Jitu untuk Jadi 1000 UMKM Cemerlang.
Akar Digital Indonesia merupakan sebuah gerakan yang diprakasi oleh Kemenkominfo, Lazada, dan Lampu.id untuk mendorong pelaku UMKM menjawab tantangan di era disrupsi digital.
Baca Juga: YouTuber Edho Zell: Live Shopping Peluang Tingkatkan Penjualan Bagi UMKM
Kegiatan Gerakan Akar Digital, Jurus Jitu untuk Jadi 1000 UMKM Cemerlang kali ini berlangsung secara hybrid di Hotel Le Dian, Serang, Banten pada Selasa (7/3/2023).
Dalam memulai usahanya Affan Arisga mengaku tidak memiliki pengetahuan apa-apa, sehingga usahanya tidak dapat bertahan.
Ia beberapa kali jatuh bangun dalam membuka usaha. Namun, akhirnya Affan pun mulai mencari pengetahuan dengan mengikuti berbagai pendidikan, forum kewirausahaan dan ikut pelatihan-pelatihan.
Baca Juga: Kemenkominfo dan Lazada Beri Jurus Jitu Pemasaran Digital Kepada 1.000 UMKM
“Jadi, bapak ibu yang mau usaha, jangan malas untuk belajar, apalagi zaman sekarang sudah gampang banget untuk mencari pengetahuan dengan browsing-browsing dan ikut pelatihan seperti sekarang ini,” ujarnya.
Affan Arisga pun membagikan tiga formula penting dalam memulai usaha agar mampu bertahan meski kondisi tidak memungkinkan yang meliputi Costomer Focus, Winning Product Value, dan Business Excellent.
1. Customer Focus
Customer Focus, yaitu menentukan target pasar yang tepat, mengetahui data demografi, psikografi, kebiasaan dan kebutuhan mereka.
"Formula fokus kepada konsumen ini menentukan keberhasilan usaha sebesar 50 persen," ujar Affan Ariga.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa dan UMKM Harga 4 Juta-an Tahun 2023
Artikel Terkait
Dukung Digitalisasi Transportasi, Sandiaga Uno Serahkan Hibah GPS Tracker bagi UMKM Bali
Berbagai Produk Unggulan UMKM Binaan Rumah BUMN di Future SMEs Village KTT G20 Bali
Pasar Kreatif Bandung Store TSM Digelar, Suguhkan Berbagai UMKM Produk Lokal
Dukung UMKM ke Pasar Global, Rumah BUMN Hadirkan Produk Unggulan di Side Event KTT G20
Bantuan Modal bagi UMKM di Kota Bandung Kembali Disalurkan
Fasilitasi UMKM Kota Bandung, Destinasi Kuliner Halal Aman Sehat Hadir di Taman Valkenet Malabar
Kemenkop UKM Targetkan 10 Juta UMKM Miliki NIB pada 2023