Survei: Shopee Marketplace Paling Sering Digunakan saat Ramadhan

- Jumat, 24 Maret 2023 | 17:21 WIB
Survei Ipsos Februari 2023: 76 persen seller memilih Shopee sebagai marketplace yang paling sering digunakan selama ramadan karena menyediakan promo menarik bagi pelanggan. (Tangkapan layar YouTube SHOPEE Indonesia)
Survei Ipsos Februari 2023: 76 persen seller memilih Shopee sebagai marketplace yang paling sering digunakan selama ramadan karena menyediakan promo menarik bagi pelanggan. (Tangkapan layar YouTube SHOPEE Indonesia)

KETIKNEWS.ID,-- Survei Ipsos pada Februari 2023 menunjukkan, 76 persen seller memilih Shopee sebagai marketplace yang paling sering digunakan selama Ramadan.

Hal tersebut disampaikan Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Andi Sukma dalam konferensi pers secara daring, Jumat (24/3).

“Melalui hasil survei kami dengan indikator utama Top of Mind (TOM) dan Brand Used Most Often (BUMO), terlihat bahwa Shopee masih menduduki posisi pertama dibandingkan dengan kompetitornya."

Baca Juga: Bukan Gudang Shopee, Ternyata Gudang Goto Living di Tanggerang Terbakar

"Tidak hanya itu, pada indikator Loyalty Ratio, Shopee juga mendapatkan skor tertinggi, yang artinya mayoritas online seller menjadikan Shopee sebagai platform marketplace andalannya," sambung Andi.

Adapun marketplace yang dinilai telah menjawab kebutuhan dan paling sering digunakan seller selama bulan Ramadan ialah Shopee sebesar 76 persen, kemudian Tokopedia 11 persen, TikTok Shop 8 persen, dan Lazada 2 persen.

Marketplace, kata Andi, dinilai memiliki kelebihan yang dapat membantu seller memaksimalkan penjualan, salah satunya di bulan Ramadan.

Tingginya animo masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan momentum ini guna mengembangkan bisnis mereka.

Baca Juga: Cara Kurban Online Lewat Shopee Berkurban

Berdasarkan survei Ipsos, manfaat yang paling dirasakan oleh seller adalah adanya kampanye tematik, ragam pilihan layanan pengiriman, fitur-fitur interaktif, muncul lebih banyaknya potensi pelanggan, dan berujung pada aspek utama banyaknya promo menarik yang diberikan oleh marketplace selama bulan Ramadan.

"Lebih dari setengahnya atau 62 persen menilai Shopee sebagai marketplace yang paling banyak menyediakan promo menarik bagi pelanggan, lalu diikuti oleh Tokopedia sebesar 16 persen, Tiktok Shop 12 persen, dan Lazada 6 persen."

"Sementara untuk aspek kesesuaian produk yang dijual seller, Shopee masih unggul dengan 66 persen," kata Andi.

Melihat sengitnya persaingan para pemain e-commerce, Andi mengatakan semakin menunjukan bahwa ragam aspek yang membawa keuntungan untuk para penjual menjadi daya tarik utama.

Baca Juga: Festival UMKM Shopee: Ada 300 Produk Khas Betawi dan Diskon 60 Persen

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X