• Selasa, 29 November 2022

Smellmaster Pekerjaan Unik yang Menciumi Bau Interior Mobil

- Senin, 7 Februari 2022 | 11:36 WIB
Smellmaster atau ahli dalam mengendus bau merupakan bidang pekerjaan yang unik, pekerjaan ini mewajibkan seseorang mencium atau mengendus bau-bauan yang ada di interior mobil.  (unsplash)
Smellmaster atau ahli dalam mengendus bau merupakan bidang pekerjaan yang unik, pekerjaan ini mewajibkan seseorang mencium atau mengendus bau-bauan yang ada di interior mobil. (unsplash)

KETIKNEWS.ID,-- Smellmaster atau ahli dalam mengendus bau merupakan bidang pekerjaan yang unik, pekerjaan ini mewajibkan seseorang mencium atau mengendus bau-bauan yang ada di interior mobil.

Perusahaan mobil Jepang, Nissan, disetiap memproduksi mobil baru, terlebih dulu akan memastikan bahwa smellmaster telah mengendus setiap bagian dalam mobil itu mulai dari jok, palang kemudi, glove box, hingga sun visor. Menariknya Nissan benar-benar serius dengan pekerjaan ini.

Baca Juga: Catat! Ini Cara Buat Akun dan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 yang Dibuka Februari 2022

Seorang smellmaster bernama Ryunosuke Ino yang bertugas di pusat pengembangan Nissan atau Nissan Technical Center di Atsugi, Jepang, menentukan bau interior setiap model Nissan sesuai standar aroma yang sudah ditetapkan.

Evaluasi dilakukan dalam laboratorium tersegel, dengan sistem pencahayaan spesial yang mengontrol temperatur serta suhu kendaraan. Ini vital karena aroma asli kabin bisa terpengaruh oleh cahaya matahari plus iklim lingkungan sekitar.

Baca Juga: Sampel RS Tunjukkan Vaksinasi Dosis Lengkap Mengurangi Risiko Terburuk COVID-19 Hingga Kematian

Semua aroma material, bahan perekat, sampai cat dalam kabin mesti memenuhi standar yang telah ditentukan. Jika tidak, Smellmaster seperti Ino akan mengacu pada data yang disediakan pabrikan untuk analisa lebih lanjut.

Setiap pekerjaan pasti ada tantangannya tidak terkecuali bagi seorang smellmaster sekalipun, karena dal mengecek bau kabin mesti dilakukan dengan cepat. Soalnya, hidung manusia akan terbiasa dengan sebuah bau dalam hitungan beberapa menit saja.

Baca Juga: Mengemis yang Haram Dan Halal Menurut Pandangan Islam

Halaman:

Editor: Usamah Kustiawan

Sumber: mobil123.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.000 Riders Meriahkan IMOS 2022

Minggu, 6 November 2022 | 13:38 WIB

Harga dan Varian Honda WR-V

Kamis, 3 November 2022 | 09:20 WIB

Cara Merawat Mobil Setelah Usai Dipakai Mudik

Kamis, 12 Mei 2022 | 10:38 WIB

Daihatsu Resmi Luncurkan All New Xenia

Senin, 15 November 2021 | 15:00 WIB
X