• Rabu, 27 September 2023

Kemnaker Kembangkan BLK Komunitas sebagai Inkubator Bisnis

- Kamis, 10 Februari 2022 | 12:30 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan terus mengembangkan peran BLK Komunitas guna mengakselerasi peningkatan kompetensi SDM Indonesia. Untuk itu, selain menjadi lembaga pelatihan, saat ini Kemnaker juga mendorong BLK Komunitas sebagai inkubator bisnis (Biro Humas Kemnaker)
Kementerian Ketenagakerjaan terus mengembangkan peran BLK Komunitas guna mengakselerasi peningkatan kompetensi SDM Indonesia. Untuk itu, selain menjadi lembaga pelatihan, saat ini Kemnaker juga mendorong BLK Komunitas sebagai inkubator bisnis (Biro Humas Kemnaker)

KETIKNEWS.ID.--Kementerian Ketenagakerjaan terus mengembangkan peran BLK Komunitas guna mengakselerasi peningkatan kompetensi SDM Indonesia. Untuk itu, selain menjadi lembaga pelatihan, saat ini Kemnaker juga mendorong BLK Komunitas sebagai inkubator bisnis.

 Baca Juga: Hal yang Harus Dilakukan Saat Anak Mengalami Keluhan Pasca Vaksinasi

“Sudah banyak contoh-contoh diawali dari BLK Komunitas berkembang menjadi unit usaha sendiri. Bisa menghidupkan pesantren di samping memang tujuan utamanya adalah memperkuat kompetensi santri dan masyarakat di sekitar pesantren,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, saat meninjau Workshop Kejuruan Teknik Informatika BLK Komunitas Pondok Pesantren Kauman di Lasem, Rembang, hari Rabu (9/2/2022)seperti ketiknews langsir dari Biro Humas Kemnaker.

 Baca Juga: Longsor dan Banjir Landa Kawasan Dieng, Begini Penjelasan BPBD Wonosobo

Menaker mengatakan, Kemnaker telah mulai menerapkan peran inkubator bisnis ini di sejumlah BLK Komunitas.

“Saya berharap BLK Komunitas (Ponpes Kauman-red) ini juga melakukan hal yang sama. Tahun 2021 kemarin kita memilih 25 BLK Komunitas menjadi inkubator bisnis,” katanya.

 Baca Juga: Amankah Vaksinasi Covid-19 bagi Anak?

Menaker menjelaskan, BLK Komunitas adalah unit pelatihan vokasi pada suatu komunitas di lembaga pendidikan keagamaan nonpemerintah yang meliputi pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan lembaga keagamaan non pemerintah lainnya, serta komunitas serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

 Baca Juga: Kronologis Tewasnya Wisatawan Terjatuh dari Lantai 3 Penginapan di Bandung Barat

Menaker menambahkan, Kemnaker akan terus membangun BLK Komunitas di tahun 2022 ini guna mewujudkan SDM unggul dalam jumlah banyak dan merata di seluruh Tanah Air. “Tahun 2022 ini kita bangun lagi BLK Komunitas kurang lebih 1.000. Tapi, tahun 2022 ini kita akan selesaikan yang dibangun 2021 dulu, kita berikan peralatan dan mulai pelatihannya,” katanya.

Baca Juga: Beruntung Seorang Perempuan di Lombok Mendapat Kecupan Pembalap MotoGp Marc Marquez 

Agar BLK Komunitas dapat melahirkan lulusan yang dapat masuk ke pasar kerja atau berwirausaha, lanjut Menaker, strategi yang diterapkan adalah mendorong kemandirian BLK Komunitas. Hal ini dilakukan dengan membangun kerja sama antara BLK Komunitas dengan industri-industri setempat. Sehingga diharapkan lulusan BLK Komunitas memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri di sekitar BLK Komunitas, atau berwirausaha secara mandiri sesuai dengan potensi daerah setempat.

 Baca Juga: Vaksin Merah Putih Masuk Tahap Uji Klinis Pertama

“Jadi, di samping memiliki pengetahuan agama, mereka juga dibekali dengan kompetensi, baik untuk kepentingan pasar kerja maupun untuk kepentingan yang melahirkan entrepreneur dengan kompetensi yang dibekali BLK Komunitas,” katanya.

Halaman:

Editor: Usamah Kustiawan

Sumber: Biro Humas Kemnaker

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alat Perkakas Otomotif Tuk Garasi di Rumah

Kamis, 31 Agustus 2023 | 21:56 WIB

Begini Perawatan Bodi Motor Tetap Bersih dan Kinclong

Selasa, 29 Agustus 2023 | 22:08 WIB

Deretan Komponen dan Part Motor Mudah Berkarat

Rabu, 23 Agustus 2023 | 07:18 WIB

Laku Keras, Toyota Jualan di GIIAS 2023

Senin, 21 Agustus 2023 | 13:31 WIB

Sejumlah Motor dan Mobil Diminati di GIIAS 2023

Senin, 21 Agustus 2023 | 10:15 WIB

Tahun Depan, GIIAS 2024 Bakal Digelar Bulan Juli

Minggu, 20 Agustus 2023 | 08:05 WIB
X