• Jumat, 12 Agustus 2022

3 Karakter Pengusaha Sukses yang Perlu Diteladani UMKM NTB

- Senin, 21 Februari 2022 | 14:16 WIB
inovatif, take a risk atau berani mengambil risiko, dan proactivity atau bergerak. Inovatif (Dok. Kemenparekraf)
inovatif, take a risk atau berani mengambil risiko, dan proactivity atau bergerak. Inovatif (Dok. Kemenparekraf)


KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkap setidaknya ada tiga karakteristik pengusaha sukses yang perlu dimiliki dan ditanamkan oleh pelaku UMKM jika usahanya ingin berhasil.

Ketiga karakteristik tersebut antara lain, inovatif, take a risk atau berani mengambil risiko, dan proactivity atau bergerak. Inovatif, sendiri maknanya selalu mencari perbaikan dan peningkatan dari kualitas produk yang dihasilkan.

Lalu, berani mengambil risiko, di masa pandemi masyarakat biasanya takut untuk menjalankan usaha, tapi seorang entrepreneur sejati harus berani mengambil risiko dalam situasi sesulit apapun. Terakhir, proactivity (bergerak), untuk selalu berusaha mencari dan mengikuti berbagai program yang dihadirkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Tingkatan Ekspor Kopi ke Afrika Selatan, KJRI Cape Town Rangkul Pengusaha Kopi Setempat

Menparekraf Sandiaga saat hadir dalam acara Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (BEDA’KAN), yang diselenggarakan di Hotel Raja Mandalika, Minggu (20/2/2022), mengatakan enterpreneur harus memiliki tiga karakter utama inovatif, berani mengambil keputusan, dan proactivity. “Ketiga hal itu harus kita tanamkan dan terus kita kembangkan," ujarnya.

3 Karakter Pengusaha Sukses yang Perlu Diteladani UMKM NTB (Dok. Kemenparekraf)

Selain ketiga karakter yang harus ditanamkan oleh pelaku ekonomi kreatif, dalam menghasilkan produk ekraf yang berdaya saing dan berkualitas yang perlu diperhatikan adalah dari segi kemasan. Dikatakan Menparekraf, kemasan adalah queen, sedangkan isi dan rasa produk adalah king, jika keduanya dihadirkan dalam satu produk, maka akan menjadi kingdom yang kuat, dan akan berdampak pada peningkatan penghasilan dan juga terbukanya peluang usaha.

Oleh karena itu, program BEDA’KAN dihadirkan Kemenparekraf, agar pelaku ekonomi kreatif di NTB mampu menciptakan desain dan kemasan yang menarik sehingga bisa memberikan nilai tambah dan daya tarik terhadap produk di mata masyarakat.

Baca Juga: Menparekraf Dorong UMKM Manfaatkan Peluang di Ajang MotoGP Mandalika 2022

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai 6,9 Miliar Dolar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:13 WIB

Inilah Crazy Rich Indonesia Yang Sebenarnya

Senin, 14 Maret 2022 | 14:24 WIB
X