• Jumat, 12 Agustus 2022

Penjelasan IHSG, Pengertian dan Istilah-istilahnya

- Kamis, 24 Februari 2022 | 16:55 WIB
IHSG (unsplash)
IHSG (unsplash)



KETIKNEWS.ID,-- Bagi anda yang berinvestasi pada saham dan reksadana, ada hal yang perlu diketahui didalamnya tak terkecuali IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) merupakan sebuah acuan berbasis data yang kerap difungsikan oleh para investor untuk menentukan apakah hari ini mereka harus membeli atau menjual instrumen investasi.

Jadi para investor bisa menemukan harga saham yang naik, turun, dan juga stagnan atau tetap. Jika setiap saham digabung jadi satu, rata-rata pergerakan harganya akan ditampilkan dalam kondisi IHSG setiap hari.

Baca Juga: Intip Monumen Pahlawan Covid-19 di Bandung, dengan teknologi Foto 360 derajat

IHSG digunakan sebagai patokan oleh para investor untuk mengukur keuntungan pergerakan pasar. Oleh karena itu, IHSG dapat digunakan untuk berbagai macam investor dan indeks tersebut selalu diperbarui setiap hari.

IHSG adalah sebuah indeks dan karena hal tersebut terdapat istilah-istilah yang melingkupinya. Setidaknya terdapat 9 istilah yang perlu Anda ketahui agar mampu menjalankan proses investasi dalam pasar modal dengan baik. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

1. Portofolio
Dalam IHSG, portofolio merupakan suatu kumpulan aset investasi berupa saham yang dipegang oleh individu atau perusahaan.

Baca Juga: Ditunggu-tunggu, Game Elden Ring Akan Segera Dirilis

2. Fluktuasi
Fluktuasi merupakan perubahan suatu harga saham, baik itu peningkatan maupun penurunan. Naik dan turunnya harga saham kerap terjadi karena berbagai kondisi yang terjadi pada pasar saham dan di sekitar pasar saham. Sehingga, hal tersebut lumrah terjadi dan patut diperhatikan oleh para investor.

3. Bubble
Istilah bubble merupakan peningkatan harga saham tertentu secara signifikan. Bahkan, kenaikan tersebut bisa terkesan tidak normal dan dapat melebihi harga pasaran saham. Peristiwa ini terjadi ketika terdapat hal yang tak terduga.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai 6,9 Miliar Dolar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:13 WIB

Inilah Crazy Rich Indonesia Yang Sebenarnya

Senin, 14 Maret 2022 | 14:24 WIB
X