• Jumat, 19 Agustus 2022

Menko Airlangga: Industri Kopi Punya Potensi Besar untuk Terus Berkembang di Indonesia

- Minggu, 13 Maret 2022 | 18:43 WIB
Menko Airlangga Apresiasi Brand Kopi Lokal Menguasai Pasar Luar Negeri. (ekon.go.id)
Menko Airlangga Apresiasi Brand Kopi Lokal Menguasai Pasar Luar Negeri. (ekon.go.id)

KETIKNEWS.ID,-- Kopi merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan yang mempunyai peran penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia, karena merupakan komoditas perkebunan ketiga terbesar setelah sawit dan karet dengan persentase kontribusi terhadap PDB perkebunan sebesar 16,15%.

Dengan lebih kurang sebanyak 7,8 juta jiwa yang menggantungkan hidupnya dari perkebunan kopi, Indonesia juga merupakan produsen kopi terbesar ke-4 di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Melalui peran yang cukup penting dan menjanjikan dalam perekonomian nasional, industri kopi mempunyai potensi yang besar untuk terus berkembang di Indonesia.

Baca Juga: Label Halal Indonesia Ditetapkan Berlaku, Bagaimana dengan Label Halal MUI?

“Dalam 10 tahun terakhir, industri kopi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan yakni sebesar 250%,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pidato sambutannya pada acara Opening Ceremony Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2022, Jumat (11/03).

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud menyampaikan bahwa perlu dilakukannya terobosan dalam mendorong ekonomi rakyat yang sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi.

Hal ini seiring dengan tujuan utama diselenggarakannya Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2022 yang dirancang untuk menjadi perluasan informasi peta komoditas kopi Indonesia dan stimulator bagi pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Tetapkan Label Halal Baru, Menag: Secara Bertahap, Label Halal MUI Tidak Akan Berlaku Lagi

“Kemenko Perekonomian menginisiasi pameran dan forum mengenai kopi yang secara nyata dapat mendorong kinerja dan kolaborasi solid di antara para pemangku kepentingan industri kopi nasional,” ucap Deputi Musdhalifah dalam laporannya kepada Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: ekon.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM masuk Ekosistem Digital

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:06 WIB

Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai 6,9 Miliar Dolar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:13 WIB

Inilah Crazy Rich Indonesia Yang Sebenarnya

Senin, 14 Maret 2022 | 14:24 WIB
X