• Jumat, 12 Agustus 2022

Presiden Jokowi Targetkan 20 Juta UMKM Masuk Marketplace di Tahun 2022

- Senin, 28 Maret 2022 | 16:03 WIB
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung pada Peresmian Pembukaan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2022, Senin (28/03/2022), secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.  (Humas Setkab)
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung pada Peresmian Pembukaan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2022, Senin (28/03/2022), secara virtual dari Istana Negara, Jakarta. (Humas Setkab)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan sebanyak 20 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat masuk atau onboarding ke lokapasar atau marketplace pada tahun 2022.

Hal ini ditegaskannya saat Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2022, Senin (28/03/2022), secara virtual dari Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta

“Tahun 2022 ini harus mencapai target 20 juta, minimal 20 juta, dan meningkat 24 juta di tahun depan tahun 2023 dan 30 juta di tahun 2024. Ini target, kalau semua bekerja keras, memiliki keinginan yang sama mencapai target yang telah kita tentukan, saya yakin insyaallah kita semuanya bisa melakukan,” ujarnya.

Baca Juga: Netty Prasetiyani Nilai Kurang Relevan Vaksin Booster Dijadikan Syarat Mudik

Di masa pandemi, ujar Presiden, digitalisasi telah menjadi solusi bagi pelaku usaha UMKM dan koperasi untuk bertahan, tumbuh, dan berkembang di tengah situasi yang sulit serta di tengah pembatasan aktivitas dan mobilitas. Tercatat sebanyak 17,5 juta pelaku UMKM telah masuk dalam ekosistem digital.

“Jumlah ini belum cukup dan harus terus kita tingkatkan. Momentum saat ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong percepatan transformasi digital, memiliki kemampuan yang baik untuk memanfaatkan teknologi digital, lebih banyak mengisi marketplace, menjadi bagian dari rantai pasok nasional maupun global agar UMKM kita segera naik kelas,” ujarnya.

Kepala Negara menegaskan, bangsa Indonesia tidak boleh hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital. Produk-produk dalam negeri khususnya UMKM harus mengisi pasar daring.

Baca Juga: Setelah Langkanya Minyak, Kini Giliran Solar yang Banyak Dicari, Ada apa Sebenarnya?

“Kita harus membanjiri marketplace. UMKM, koperasi harus membanjiri marketplace dengan produk-produk dalam negeri, produk-produk UMKM kita,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai 6,9 Miliar Dolar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:13 WIB

Inilah Crazy Rich Indonesia Yang Sebenarnya

Senin, 14 Maret 2022 | 14:24 WIB
X