• Jumat, 12 Agustus 2022

Bantuan untuk UMKM, Pemerintah Berencana Adakan Kembali Program BPUM di Tahun 2022

- Jumat, 29 April 2022 | 13:55 WIB
Bantuan untuk UMKM, Pemerintah Berencana Adakan Kembali BPUM 2022. (Instagram/Kemenkopukm)
Bantuan untuk UMKM, Pemerintah Berencana Adakan Kembali BPUM 2022. (Instagram/Kemenkopukm)

KETIKNEWS.ID,-- Salah satu bentuk Program PEN yang terbukti memiliki manfaat nyata bagi pelaku UMKM ialah Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Program ini merupakan bantuan pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal ini juga terlihat dari hasil monitoring yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM secara mandiri, maupun penelitian yang dilakukan bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang menunjukan bahwa program BPUM sangat bermanfaat dan dirasakan oleh pelaku usaha mikro dalam mempertahankan dan meningkatkan usahanya di masa pandemi covid-19.

Baca Juga: Sebagai Langkah Cegah Korupsi, Kemendagri Pakai Metaverse

Berkaitan dengan belum berakhirnya pandemi covid-19, Deputi Bidang Usaha Mikro Eddy Satriya mengatakan bahwa KemenKopUKM akan melanjutkan program BPUM pada tahun 2022.

"Rencana tersebut telah diajukan oleh Menteri Koperasi dan UKM kepada Menteri Keuangan guna dibahas lebih lanjut untuk dimasukkan ke dalam program PEN," ungkapnya di Jakarta, Rabu (27/4) lalu.

Berdasarkan informasi terbaru, program BPUM tahun 2022 direncanakan akan menyasar 12,8 juta pelaku usaha mikro dengan nilai bantuan Rp600.000 untuk setiap pelaku usaha mikro.

Baca Juga: One Way Tol Cikampek Diperpanjang dari KM 47 - KM 414

Apabila program tersebut dijalankan kembali oleh pemerintah, diharapkan partisipasi optimal seluruh dinas yang membidangi koperasi dan UMKM untuk menyampaikan data yang akurat.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Kemenko PMK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai 6,9 Miliar Dolar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:13 WIB

Inilah Crazy Rich Indonesia Yang Sebenarnya

Senin, 14 Maret 2022 | 14:24 WIB
X