KETIKNEWS.ID,-- Belanja produk lokal yang dihasilkan para pelaku UMKM dan koperasi sebagaimana data LKPP sampai dengan 26 April 2022 baru mencapai Rp96,2 triliun, dari Rencana Umum Pengadaan Tagging Produk Dalam Negeri sebesar Rp493,3 triliun.
Dalam mendorong Aksi Afirmasi Peningkatan Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri (PDN), maka dilaksanakan Pameran dan Temu Bisnis Tahap II dari tanggal 11 -26 April 2022 di Jakarta.
“Alhamdulillah acara puncak pameran dan temu bisnis telah selesai dilaksanakan, banyak potensi, komitmen, dan transaksi yang dihasilkan. Seluruh K/L, Pemda, BUMN, dan penyedia (UMKM dan Koperasi) berperan aktif dalam kegiatan ini, kurang lebih 1.600 partisipan yang hadir dalam acara ini,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Baca Juga: Kapolri Lepas Mudik Gratis Polri, Agar Bisa Bantu Masyarakat Kurangi Beban Jalan
Pameran itu menampilkan lebih dari 400 UKM teknologi tinggi antara lain AVS Simulator tank, mobil dan las simulator, femicam- detektor kanker rahim, robotik tele, presents telediagnosa dokter, serta ARTS artificial inteligent roboti trainer set. Ada pula oksigen generator, pengukur kualitas air digital, MPoin - thorn water tank, dan dehidrator, pengering sayur-sayuran.
“Temu Bisnis dilaksanakan antara penyedia dan 10 K/L dan 10 Pemda dengan Rencana Umum Pengadaan Produk Dalam Negeri terbesar menghasilkan potensi pengadaan sebesar Rp1,55 triliun,” kata Teten.
Selain itu, telah dilaksanakan pula fasilitasi oleh Kementerian PUPR berupa penandatangan 10 komitmen antara pemenang tender dan penyedia bahan baku lokal senilai Rp1,95 triliun.
Baca Juga: Bantuan untuk UMKM, Pemerintah Berencana Adakan Kembali Program BPUM di Tahun 2022
Ada pula penandatanganan 92 kontrak di 10 K/L dan 10 Pemda dengan RUP PDN terbesar, nilai Rp1,79 triliun selama April 2022.
Teten mengatakan kegiatan temu bisnis biasanya menghubungkan antara Business To Business (pelaku usaha dan pelaku usaha).
Artikel Terkait
Sandiaga Uno: Dorong Masyarakat Beli dan Pakai Produk Buatan Lokal
Stop Impor, Pemerintah Terus Komitmen Tingkatkan Belanja Produk Dalam Negeri dan Buatan Lokal
Bangga Buatan Indonesia, Yana Ajak Warga Beli Produk Lokal
Dukung UMKM, Yana Mulyana Perintahkan SKPD dan BUMN Belanja Produk Lokal
Hindari Impor, Menag Minta Jajarannya Optimalkan Penggunaan Produk dalam Negeri
Menkes Targetkan 78 Persen Pengadaan Barang dan Jasa Kesehatan Akan Belanja dari dalam Negeri
Pulihkan Ekonomi, Pemkot Bandung Dorong OPD dan BUMD Belanja Produk Lokal melalui e-Katalog
Wujud Bangga Produk Asli Buatan Indonesia, Kemhan dan TNI Tegaskan Komitmen Penggunaan Buatan Dalam Negeri