• Minggu, 22 Mei 2022

Dukung Perekonomian, Bank Indonesia Terbitkan Aturan Penggunaan Rupiah di Kegiatan Internasional

- Rabu, 11 Mei 2022 | 15:44 WIB
Gedung Bank Indonesia (BI). (bi.go.id)
Gedung Bank Indonesia (BI). (bi.go.id)

KETIKNEWS.ID,-- Bank Indonesia (BI) menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 24/6/PBI/2022 tentang Kebijakan Penggunaan Rupiah pada Kegiatan Internasional.

Ketentuan ini berlaku efektif pada tanggal 27 April 2022.

Kebijakan ini dimaksudkan untuk membentuk pengaturan yang komprehensif yang meliputi seluruh aspek penggunaan rupiah pada kegiatan internasional dan mendukung perkembangan perekonomian.

Baca Juga: Farhat Abbas Dikecam Warganet, Mengandaikan jika Gala Sky Meninggal

“Dampak dari kebijakan pengaturan penggunaan rupiah tersebut diharapkan mampu mendukung kestabilan nilai tukar rupiah, mendorong pendalaman pasar keuangan, dan mendorong perbaikan struktur ekonomi domestik,” disebutkan dalam aturan.

Dalam aturan ini ditegaskan, prinsip utama penggunaan rupiah pada kegiatan internasional adalah penggunaan rupiah hanya dapat dilakukan di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dalam hal digunakan di luar wilayah NKRI, penggunaannya dapat dilakukan secara terbatas sepanjang memberikan dampak dan manfaat positif bagi perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Breakdown Trailer Film Avatar: The Way of Water, Manusia Masih Musuh Utama

Adapun ruang lingkup penggunaan rupiah pada kegiatan internasional meliputi penggunaan rupiah di luar wilayah NKRI dan penggunaan rupiah oleh bukan penduduk di dalam wilayah NKRI.

“Penggunaan rupiah di luar wilayah NKRI mencakup penggunaanya dalam bentuk fisik, rekening (account based), dan instrumen keuangan digital (digital based). Penggunaan rupiah di luar wilayah NKRI mencakup penggunaanya dalam kuotasi, transaksi keuangan, dan setelmen transaksi keuangan,” ditegaskan dalam aturan.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Bank Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Crazy Rich Indonesia Yang Sebenarnya

Senin, 14 Maret 2022 | 14:24 WIB

Penjelasan IHSG, Pengertian dan Istilah-istilahnya

Kamis, 24 Februari 2022 | 16:55 WIB
X