• Senin, 5 Desember 2022

Dari Ojol Hingga Nelayan Dicanangkan Bisa Ambil KPR di BP Tapera pada 2023

- Selasa, 22 November 2022 | 09:30 WIB
Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan mempermudah pekerja mandiri seperti Ojol hingga nelayan dalam pengajuan KPT pada tahun 2023. (tapera.go.id)
Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan mempermudah pekerja mandiri seperti Ojol hingga nelayan dalam pengajuan KPT pada tahun 2023. (tapera.go.id)

KETIKNEWS.ID,-- Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan mempermudah pekerja mandiri atau informal seperti driver ojek online hingga nelayan dalam pengajuan Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana BP Tapera, Eko Ariantoro mengatakan, saat ini pihaknya masih menggodok produk untuk peserta pekerja mandiri tersebut dengan target pada akhir Desember tahun ini diharapkan dapat selesai.

"Mudah-mudahan pada Desember (2022) ada rapat Komite Tapera di mana Tapera bisa menyampaikan inisiatif ini," harap Eko Ariantoro.

Baca Juga: LinkAja dan Kredit Pintar Dukung Kemendes PDTT Permudah Akses Pendanaan BUMDes Tanpa Agunan

"Sehingga pada Januari tahun depan kita bisa melakukan peluncuran produk Tapera untuk peserta pekerja mandiri melalui suatu piloting dengan perbankan yang nanti kita akan bekerja sama," sambungnya.

Saat ini, terdapat tiga komunitas pekerja mandiri yang akan dijajaki oleh Tapera terkait soal pendataannya nanti.

"Pertama adalah untuk komunitas digital platform di mana yang kita akan lakukan penjajakan pertama yakni para pekerja mandiri di digital platform yang sudah memiliki kerja sama dengan perbankan yaitu Gojek dan Grab. Kita sudah mulai diskusi dengan pihak Gojek dan Grab," ujarnya.

Terdapat dua karakteristik utama yang harus dimiliki peserta pekerja mandiri Tapera berbasis digital platform tersebut yakni willingness to pay dan kemampuan untuk mencicil (ability to pay).

Baca Juga: BI luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS Antarnegara

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Cara Cegah Cicak Berkembang Biak di Rumah

Selasa, 15 November 2022 | 06:30 WIB

Mengenal Apa itu Penthouse

Senin, 3 Januari 2022 | 13:03 WIB

Mengenal Mezzanine, Konsep Rumah Unik yang Multifungsi

Jumat, 17 Desember 2021 | 16:30 WIB

Tren Rumah Industrial, Konsep Hunian ala Bangunan Pabrik

Selasa, 14 September 2021 | 14:01 WIB

Rumah Kontainer di Pesisir Pantai

Senin, 5 Juli 2021 | 14:41 WIB

Kiat Membuat Beton Kuat untuk Hunian Anda

Kamis, 24 Juni 2021 | 11:41 WIB
X