• Sabtu, 10 Desember 2022

Kadin: Kenaikan Upah Minimum Harus Sesuai dengan Kondisi Tiap Sektor Usaha

- Kamis, 24 November 2022 | 14:49 WIB
Kadin Indonesia meminta agar kebijakan kenaikan upah minimum yang ditetapkan pemerintah disesuaikan dengan kondisi di setiap sektor usaha untuk menghindari kontraproduktif. (Pixabay.com/Robert Lens)
Kadin Indonesia meminta agar kebijakan kenaikan upah minimum yang ditetapkan pemerintah disesuaikan dengan kondisi di setiap sektor usaha untuk menghindari kontraproduktif. (Pixabay.com/Robert Lens)

KETIKNEWS.ID,-- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid meminta, kebijakan kenaikan upah minimum yang ditetapkan pemerintah harus disesuaikan dengan kondisi di setiap sektor usaha.

"Kami mengapresiasi kebijakan pemerintah terkait kenaikan upah minimum. Namun harus disadari tidak semua sektor memiliki pertumbuhan dan iklim bisnis yang sama saat ini agar tidak terjadi kontraproduktif," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (24/11).

"Kebijakan kenaikan upah minimum pada satu periode sebaiknya menargetkan pada industri dengan laju pertumbuhan ekonomi terbesar atau winning industry pada periode tersebut. Jika tidak, kebijakan kenaikan upah tersebut akan memberatkan pelaku usaha," lanjut Arsjad.

Baca Juga: Kemnaker Rilis Permen Penetapan Upah Minimum 2023

Ia pun tidak menampik tantangan ekonomi global yang dipicu oleh konflik geopolitik terus memicu lonjakan inflasi yang berimbas pada kenaikan harga bahan pokok dan daya beli masyarakat.

Sebab di sisi lain dengan tantangan yang sama, jelasnya, industri dalam negeri juga merasakan dampak yang berbeda-beda.

Kebijakan pengupahan tersebut juga perlu bersifat adil, yang tidak memberatkan pelaku usaha dan tidak merugikan tenaga kerja atau buruh.

Baca Juga: Pemerintah Kembali Salurkan Bantuan Subsidi Gaji/Upah

Pasalnya, baik pelaku usaha maupun tenaga kerja, keduanya merupakan siklus pertumbuhan ekonomi yang tidak dapat dipisahkan.

Halaman:

Editor: Ridwan Alawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan UMR, UMP, dan UMK yang Wajib Diketahui Pekerja

Selasa, 29 November 2022 | 15:12 WIB
X