• Selasa, 29 November 2022

Tiga Desa Wisata Wakili Indonesia dalam Ajang "UNWTO Best Tourism Villages 2021"

- Selasa, 2 November 2021 | 13:56 WIB
Landskap Desa Wae Rebo, salah satu dari tiga desa wisata yang mewakili Indonesia dalam ajang  (Foto: Kemenparekraf)
Landskap Desa Wae Rebo, salah satu dari tiga desa wisata yang mewakili Indonesia dalam ajang (Foto: Kemenparekraf)

KETIKNEWS.ID,-- Jika berbicara mengenai kekayaan alam, budaya, suku, hingga ras di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya, lantaran begitu banyak potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang dimiliki, seperti halnya potensi desa wisata.

Saat ini banyak desa-desa di Indonesia yang terus mengembangkan potensi  alam dan budaya mereka, yang kental dengan kearifan lokal. Tak ayal membuat desa wisata yang dibangun dari hasil swadaya masyarakat sangatlah diminati wisatawan, karena desa wisata dinilai lebih personalize, customize, localize, dan smaller in size.

Bahkan beberapa dari desa wisata di Indonesia sudah menyabet predikat 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, serta ada desa-desa wisata terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang “UNWTO Best Tourism Villages 2021”. Yaitu Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, DIY Yogyakarta; Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; dan Desa Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Ketiga desa ini siap beradu keindahan dengan desa wisata di berbagai belahan dunia. Saingannya pun cukup berat dan sudah terkenal secara global, antara lain Murcia (Cehegin), Spanyol; Alonissos, Westerb Samos, dan Soufli yang mewakili Yunani; serta desa wisata dari Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, Kamboja, dan masih banyak lagi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/11/2021) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ketiga desa yang berhasil mewakili Indonesia di ajang UNWTO Best Tourism Villages 2021.

“Mudah-mudahan ini menjadi langkah kita bersama dalam menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lomba desa wisata bertaraf internasional ini tentunya memberikan kebanggaan tersendiri untuk bangsa Indonesia, sekaligus sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah global. Untuk itu, mari Sandiaga mengajak wisatawan untuk menelusuri apa saja keunggulan dari ketiga desa wisata tersebut.

Desa Wisata Nglanggeran

Pertama, Desa Wisata Nglanggeran. Terletak di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, DIY, tepatnya di kawasan Gunung Api Purba menjadi daya tarik terbesar dari desa wisata ini. Gunung Api Purba sendiri adalah bagian dari Geopark Gunung Sewu (geopark yang diakui oleh dunia).

Untuk menikmati kemegahan Gunung Api Purba, wisatawan bisa tracking dengan menaiki 100 anak tangga. Setibanya di atas, pengunjung bisa melihat gunung api purba yang membentang luas dengan keunikan bongkahan-bongkahan batu. Pengunjung bisa melihat pemandangan utuh geosite serta melihat keunikan Kampung Pitu. Yakni satu kampung yang hanya boleh diisi 7 keluarga.

Halaman:

Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Tags

Terkini

Hotel Angker Untuk Wisata Horor Di Indonesia

Jumat, 7 Oktober 2022 | 22:10 WIB

Apa itu Neom? Yang Dianggap Kota Masa Depan di Arab Saudi

Selasa, 20 September 2022 | 00:37 WIB

5 Hotel Saksi Bisu Perjalanan Bangsa Indonesia

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 12:04 WIB
X