• Kamis, 1 Desember 2022

Manfaat Membiarkan Anak Bermain Hujan-hujanan

- Rabu, 30 Desember 2020 | 11:07 WIB
Ilustrasi - anak kecil bermain hujan-hujanan.* (Source: freepik)
Ilustrasi - anak kecil bermain hujan-hujanan.* (Source: freepik)

18NEWS.ID – SETIAP hujan turun, sering kali permintaan anak main hujan-hujanan jarang dituruti oleh orangtua. Para orangtua khawatir, hujan dapat mengakibatkan sang buah hati sakit dan terpapar penyakit.

Hal itu karena, anak-anak senang memainkan berbagai jenis permainan dan mudah tertarik dengan hal-hal baru. Bahkan ketika musim hujan datang, bagi anak-anak itu bisa menjadi media permainan yang menarik.

Tapi, tahukah Anda bahwa dengan main hujan, anak banyak mendapatkan manfaat dan keuntungan untuk tubuh mereka? Selain itu, hujan tidak melulu menyebabkan sakit untuk si kecil.

Manfaat yang didapat ketika anak bermain di bawah hujan

Ada benarnya juga, bermain hujan-hujanan memang membuat anak rentan terhadap beberapa penyakit. Contohnya, infeksi saluran pernapasan atas, demam tifoid, demam berdarah, dan hepatitis A. Meski demikian, orang tua perlu tahu bahwa sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa didapat ketika anak bermain hujan-hujanan.

Menstimulasi kemampuan fisik dan motorik

Ketika bermain hujan-hujan, biasanya anak-anak akan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Mereka akan berlari, melompat, menari, bahkan saling mencipratkan air. Kegiatan tersebut dapat menstimulasi kemampuan motorik secara spesifik, di antaranya kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Dengan bermain hujan-hujan, tubuh anak akan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan suhu menjadi dingin. Keadaan tersebut dapat menstimulasi sistem imunitas tubuh untuk mampu menyesuaikan perubahan suhu lingkungan.

Halaman:

Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Terkini

Hey Cewek! Intip 5 Cara Ini Agar Siklus Haid Teratur

Selasa, 15 November 2022 | 13:53 WIB
X