• Kamis, 18 Agustus 2022

Kiat Agar Tetap Sehat Setelah Lebaran

- Sabtu, 22 Mei 2021 | 07:54 WIB
Ilustrasi makanan diet rendah karbohidrat.* ((Shutterstock))
Ilustrasi makanan diet rendah karbohidrat.* ((Shutterstock))

18NEWS.ID – Lebaran menjadi godaan tersendiri bagi sebagian besar orang untuk cenderung abai dalam menjaga pola makan tetap baik dan sehat.

Tak heran, sebab setelah sebulan lamanya berpuasa, momentum libur lebaran menjadi ajang berkumpul bersama keluarga dengan beraneka makanan yang ada, hingga menjadikan banyak orang berpikir untuk sedikit saja mengendorkan toleransi dalam menjaga pola diet ketatnya.

Bahkan bukan saja bagi mereka yang menjalani diet ketat, laksana aji mumpung banyak dari mereka yang seakan lupa diri untuk tetap menjaga pola makan sehat setelah puasa satu bulan.

Pakar gizi yang juga Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof Dr Hardinsyah MS menekankan pentingnya masyarakat untuk tetap sehat setelah lebaran mengingat ancaman pandemi COVID-19 yang masih tinggi di tanah air.

Menurut dia, bangsa Indonesia masih menghadapi pandemi COVUD-19 meski dengan berbagai upaya pemerintah, masyarakat, dan komponen bangsa pada akhirnya mulai berhasil menurunkan laju penambahan kasus baru COVID-19 setelah Februari 2021 dibanding bulan-bulan sebelumnya. Fakta ini mestinya menjadi momentum yang terus dijaga.

Bahkan ketika peristiwa libur akhir tahun 2020 serta kejadian ledakan kasus baru COVID-19 di berbagai negara termasuk di India bulan lalu yang seharusnya menjadi pembelajaran penting bagi semua.

“Oleh karena itu sebaiknya kita menyikapi dengan baik dan mematuhi peraturan pemerintah pusat dan daerah dalam pencegahan COVID-19, termasuk pada masa lebaran 2021 ini terkait kegiatan mudik, lebaran keluarga, dan wisata,” katanya.

Lebih jauh dari itu, Hardinsyah mengajak seluruh masyarakat di tanah air untuk menerapkan gizi seimbang. Penerapan protokol kesehatan perlu disertai dengan upaya untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dengan menerapkan prinsip Gizi Seimbang.

Prinsip Gizi Seimbang ini meliputi hidup aktif, bergerak dan berolahraga, menjaga berat badan normal, mengonsumsi makanan yang aman, beragam dan cukup, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Halaman:

Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Terkini

Manfaat Buah Lontar, Bisa Turunkan Berat Badan

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:54 WIB

Ayah 'ASI', Peran Penting untuk Bonding Ibu dan Bayi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 11:51 WIB

4 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Mental

Jumat, 29 Juli 2022 | 10:44 WIB

5 Penyebab yang Membuat Rambut Rontok

Rabu, 13 Juli 2022 | 13:47 WIB
X