Mango Sticky Rice, Street Food-nya Thailand

- Jumat, 17 September 2021 | 14:49 WIB
Mango Sticky Rice. (Source: Doc. Ig@tetanga.id)
Mango Sticky Rice. (Source: Doc. Ig@tetanga.id)

KETIKNEWS.ID,-- THAILAND merupakan salah satu surganya kuliner di kawasan Asia Tenggara. Sebutan tersebut memang tepat, karena terdapat begitu banyak pilihan kuliner lezat di Thailand. Salah satunya adalah mango sticky rice.

Mango Sticky Rice dalam Bahasa Thailand disebut Khao Neeo Mamuang. Penganan ini merupakan pencuci mulut dengan bahan-bahan yang khas, ketan putih, mangga dan santan. Ketan putih atau Khao Neow dalam Bahasa Thailand, bentuknya seperti beras atau nasi dengan rasa yang lebih manis dan teksturnya lebih lengket jika dibandingkan dengan nasi.

Sajian Mango Sticky Rice ini berupa ketan putih yang ditambah dengan irisan mangga matang yang manis dan kemudian disiram dengan sedikit santan yang kental. Diatasnya lantas ditaburi dengan kacang kedelai yang diolah hingga renyah. Bagi orang Indonesia yang belum pernah mencicipinya, mungkin akan terasa aneh. Namun ternyata rasanya sungguh lezat, tak seperti yang kita bayangkan.

Tanpa kehadiran buah mangga, penganan pencuci mulut ini tak lagi lezat rasanya. Buah mangga atau mamuang dalam Bahasa Thai memang menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer di Thailand. Terdapat ragam jenis mangga dibudidayakan di negeri gajah putih ini.

Salah satu varian mangga yang paling disukai adalah varian mangga kuning yang memasuki masa panen di bulan Maret sampai Mei. Varian mangga kuning ini pula yang dipakai untuk membuat kuliner favorit Mango Sticky Rice.

Penganan pencuci mulut yang satu ini di Bangkok tergolong sebagai street food yang sangat mudah ditemukan. Tak sedikit pedagang yang menjajakannya, terlebih di pinggiran jalan. Satu porsi Mango Sticky Rice ini harganya 50 baht atau Rp. 24.000.

Saat ini kuliner khas Bangkok, Mango Sticky Rice bisa juga ditemukan di sejumlah kota besar di Indonesia sepert Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota lainnya.*

 

Editor: Mohammad Aziz Pratomo

Terkini

Daftar 50 Jajanan Street Foods Terenak di Asia 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 16:09 WIB

5 Oleh-oleh Cake Kekinian Khas Bandung

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:56 WIB

Terpopuler

X