• Jumat, 12 Agustus 2022

PBB Klasifikasikan Ganja Tidak Berbahaya. Ini Manfaatnya Menurut Medis

- Sabtu, 5 Desember 2020 | 12:12 WIB
Ilustrasi - tanaman ganja.* (Source: freepik)
Ilustrasi - tanaman ganja.* (Source: freepik)

KETIKNEWS.ID,-- Komisi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada hari Rabu, 2 Desember 2020 lalu memutuskan untuk menghapus ganja dari kategori obat paling berbahaya di dunia menjadi sebagai bahan pengobatan. Sebelumnya, ganja masuk kategori berbahaya bersama obat-obat lainnya, seperti heroin.

Keputusan itu mengikuti rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membuat penelitian tentang penggunaan medisnya lebih mudah.

Langkah ini adalah jawaban dari usulan untuk penghapusan ganja dari daftar obat paling berbahaya yang telah dikemukakan selama 59 tahun terakhir.

Dilansir dari New York Times, pemungutan suara oleh Komisi Obat Narkotika (CND) terhadap 53 negara anggota, 27 negara Eropa dan Amerika menyatakan dukungan mengizinkan penggunaan ganja untuk tujuan medis. Sementara itu, 25 negara termasuk China, Pakistan, dan Rusia menyatakan keberatan.

Baca Juga: Alasan Bisnis Mainan Mobil Remote Control yang Menguntungkan

Sementara di Indonesia, Koalisi Advokasi Narkotika mendesak pemerintah mulai mempertimbangkan penggunaan ganja untuk keperluan medis setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merestui rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait hal tersebut.

Koalisi meminta pemerintah mulai menindaklanjuti perkembangan isu di ranah internasional ini dengan menerbitkan regulasi yang memungkinkan ganja digunakan untuk kepentingan medis.

Menurut mereka, keputusan PBB itu bisa dijadikan legitimasi medis dan konsensus politik untuk ditindak negara-negara pengikutnya, termasuk pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Kenali Sustainable Fashion, Konsep Fesyen Ramah Lingkungan

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: New York Times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Buah Lontar, Bisa Turunkan Berat Badan

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:54 WIB

Ayah 'ASI', Peran Penting untuk Bonding Ibu dan Bayi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 11:51 WIB

4 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Mental

Jumat, 29 Juli 2022 | 10:44 WIB

5 Penyebab yang Membuat Rambut Rontok

Rabu, 13 Juli 2022 | 13:47 WIB
X