• Selasa, 29 November 2022

Hati-hati, Bun! Obesitas pada Anak Sebabkan Komplikasi, Ini Cara Pencegahannya

- Jumat, 4 Maret 2022 | 17:09 WIB
Ilustrasi - Hati-hati, Bun! Obesitas pada Anak Sebabkan Komplikasi, Ini Cara Pencegahannya. (Humas Kemenkes)
Ilustrasi - Hati-hati, Bun! Obesitas pada Anak Sebabkan Komplikasi, Ini Cara Pencegahannya. (Humas Kemenkes)

KETIKNEWS.ID,-- Obesitas adalah suatu kelainan atau penyakit yang ditandai dengan penimbunan jaringan lemak tubuh yang berlebihan. Obesitas pada anak rentan terjadi berbagai penyakit yang sulit dikelola.

Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan energi dan keluaran energi, sehingga terjadi kelebihan energi yang selanjutnya disimpan dalam bentuk jaringan lemak.

Perwakilan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Winra Pratita mengatakan gejala klinis pada anak obesitas dilihat dari wajah membulat, pipi tembem, dagu rangkap, pada leher tampak pendek, terdapat acanthosis nigricans (bercak kehitaman di belakang leher).

Baca Juga: RS-28 Sarmat atau Satan 2, Senjata Nuklir Rusia yang Dapat Memicu Perang Dunia 3

Kemudian pada dadanya terlihat membusung dengan payudara membesar dan napas berbunyi (mengi). Pada perut terlihat membuncit disertai dinding perut yang berlipat-lipat.

“Pada ekstremitas sering juga tungkai berbentuk X akibat kenaikan berat badan yang sangat berlebihan dalam waktu yang singkat. Kemudian gerakan panggul terbatas, dan pada sistem reproduksi laki-laki penis tampak kecil,” katanya pada konferensi pers secara virtual di Jakarta, Rabu (2/3).

Namun untuk pemeriksaan lebih tepatnya diperlukan pemeriksaan antropometri mencakup berat badan, panjang badan atau tinggi badan indeks massa tubuh.

Baca Juga: Serial Drama Squid Game dan Pemeran Berhasil Sabet Penghargaan di ‘Screen Actors Guild Awards’

Selain gejala klinis, obesitas pada anak bisa menyebabkan komplikasi mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dari kepala sang anak kemungkinan cepat depresi, dan percaya diri rendah akibat obesitas.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Humas Kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hey Cewek! Intip 5 Cara Ini Agar Siklus Haid Teratur

Selasa, 15 November 2022 | 13:53 WIB
X