• Jumat, 19 Agustus 2022

Doa yang Dipanjatkan Nabi Muhammad SAW Dalam Menyambut Ramadhan

- Jumat, 25 Maret 2022 | 16:11 WIB
Doa yang Dipanjatkan Nabi Muhammad SAW Dalam Menyambut Ramadhan (Pexels)
Doa yang Dipanjatkan Nabi Muhammad SAW Dalam Menyambut Ramadhan (Pexels)

KETIKNEWS.ID,-- Ramadhan sudah di depan mata. Dalam hitungan hari kita akan menjalani puasa wajib dan amalan Ramadhan lainnya. Sebelum berpuasa, mari menyongsong bulan suci ini dengan membaca doa menjelang Ramadhan.

Di masa hidupnya, Nabi Muhammad saw pun juga selalu mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Selain banyak-banyak melakukan ibadah, tak lupa Nabi saw juga memperbanyak membaca doa. Salah satunya adalah doa menjelang Ramadhan.Baca Juga: Pemerintah Akan Jual Kapal eks KRI Teluk Sampit-515, Ternyata Ini Alasannya

Oleh karena itulah, Imam al-Nawawi menjelaskan dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab bahwa membaca doa menjelang Ramadhan adalah sunah. Berikut adalah bacaan doanya yang dikutip dari islam.nu.or.id:

يستحبأنيدعوعندرؤيةالهلالبمارواهطلحةبنعبيداللهرضياللهعنهأنالنبيصلىاللهعليهوسلمكان إذارأىالهلالقالاللهمأهلهعليناباليمنوالإيمانوالسلامةوالإسلامربيوربكالله

Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh.

Artinya: “ Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Baca Juga: SE Satgas Terbaru: Vaksin Lengkap dan Negatif COVID Jadi Syarat Bebas Karantina

Doa menjelang Ramadhan tersebut dianjurkan untuk dibaca ketika melihat hilal seperti yang diceritakan oleh Thalhah Ibn ‘Ubaidillah, bahwa Nabi Muhammad saw langsung membaca doa menjelang Ramadhan ketika beliau sudah melihat hilal. (Tatan/Ketiknews.id)

Editor: Lucky Edwar

Sumber: islam.nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atasi Ketiak Basah Berlebihan dengan Tips Berikut

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:21 WIB

Manfaat Buah Lontar, Bisa Turunkan Berat Badan

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:54 WIB

Ayah 'ASI', Peran Penting untuk Bonding Ibu dan Bayi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 11:51 WIB
X