• Kamis, 18 Agustus 2022

Road to Jakarta Muslim Fashion Week 2023: Manfaatkan Pemulihan Ekonomi Global untuk Pengembangan Produk Halal

- Kamis, 7 April 2022 | 13:29 WIB
Road to Jakarta Muslim Fashion Week 2023 (Dok.kemendag)
Road to Jakarta Muslim Fashion Week 2023 (Dok.kemendag)


KETIKNEWS.ID,-- Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan akan pentingnya ekosistem fashion muslim dan peta jalan pengembangan fashion muslim yang berkesinambungan untuk mewujudkan Indonesia sebagai pemain utama sektor fashion muslim dunia. Keragaman corak dan keunikan busana muslim di setiap daerah turut berpotensi menjadikan Indonesia sebagai barometer di sektor ini.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden saat membuka seminar Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) Seri 1 bertajuk “Education as Pillar for Sustainable Fashion”, Rabu (6/4).“Kita dapat melihat bahwa corak dan keunikan busana muslim berbeda-beda di setiap wilayah Indonesia.

Baca Juga: Pamekasan Fashion Week Hadirkan Produk Ekraf Unggulan Berkualitas Internasional

Kekayaan budaya tersebut sekaligus memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi pencipta tren fashionmuslim dunia. Sebagai salah satu industri unggulan dari ekosistem halal Indonesia, kita berharap ekspor fashionmuslim ke pasar global akan mampu meningkat signifikan dalam tahun-tahun mendatang,” kata Wakil Presiden.

Baca Juga: Menurut Sandiaga Uno Soal Brand Lokal yang Mengaku Ikut Paris Fashion Week 2022

Menanggapi secara terpisah pernyataan Wakil Presiden, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan, JMFW menjadi salah satu upaya pemerintah mendorong perkembangan produk halal dan fashion muslim. “JMFW menjadi upaya memperkenalkan dan mempromosikan produk fashionmuslim Indonesia di pasar global, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada kemajuan industri fashionmuslim Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai pusat fashionmuslim dunia,”kata Mendag Lutfi.

Indonesia sebagai pemain utama sektor fashion muslim dunia. (Dok.kemendag)

JMFW diinisiasi Kementerian Perdagangan yang bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Sejumlah mitra kerja meliputi kementerian dan lembaga, salah satunya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta akademisi, desainer, asosiasi, dan industri fashiondengan industri penunjangnya seperti industri makanan halal, kosmetik, aksesoris dan alas kaki.

Baca Juga: Positif COVID-19, Rose BLACKPINK Batal Hadiri Paris Fashion Week

“Sebagaimana Roadmap Fashion Muslim Indonesia, maka fokus penyelenggaraan JMFW tahun 2022 ini adalah penguatan branding fashionmuslim Indonesia dengan segala potensi, kreativitas, dan inovasi produk. Banyak hal yang perlu kita kerjakan bersama-sama dan diperlukan sinergi dengan berbagai pihak terkait,” Tegas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemendag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Uniqlo Luncurkan UT Spy x Family

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:22 WIB

4 Cara Berbusana Disaat Cuaca Tak Menentu

Senin, 30 Mei 2022 | 09:48 WIB
X