• Selasa, 29 November 2022

Bisa Berpengaruh Terhadap Kesehatan Mental Pria, Ciri-ciri Toxic Masculinity pada Pria

- Rabu, 25 Mei 2022 | 09:55 WIB
Ilustrasi laki-laki Toxic Masculinity (unsplash)
Ilustrasi laki-laki Toxic Masculinity (unsplash)

KETIKNEWS.ID,-- Biasanya sifat maskulin menjadi tuntutan bagi setiap laki-laki agar terlihat jantan.

Akibatnya, tuntutan sikap maskulin ini membuat para laki-laki justru melampaui batas dan terkesan tidak baik bagi kesehatan mental laki-laki sampai maskulinnya terlihat melampaui batas bahkan sampai dikatagorikan toxic masculinity.

Toxic masculinity merupakan istilah yang menuntut seorang laki-laki untuk bersikap agresif, berlaku dominan, dan terkesan memiliki kekuatan fisik yang cukup, serta bisa menekan ekspresi emosionalnya.

Baca Juga: Korlantas Ungkap Cara Tilang Elektronik Pakai Ponsel

Dilansir dari Jurnal Semiotika, toxic masculinity adalah konsep maskulin berlebihan yang kerap mengharuskan laki-laki harus jantan, bisa menekan emosinya, agresif, dan merasa lebih tinggi (superior) dibandingkan dengan seorang perempuan.

Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih berpahaman untuk menuntut laki-laki agar tidak mudah menangis, mengeluh, dan memiliki mental baja, serta mampu menanggung beban dan tanggung jawab yang dipikul.

Karena tuntutan sikap inilah, para laki-laki yang tidak memeiliki sikap tersebut dipertanyakan nilai-nilai maskulinnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Minta Kepala Daerah Hadirkan Event BerkualitasBaca Juga: Sandiaga Uno Apresiasi Atlet MotoGP Esport yang Raih Posisi Ketiga Klasemen Dunia

Jika dilihat dari kajian psikologi, memiliki pikiran dan perasaan yang tepat adalah kunci agar hidup sehat dan seimbang.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hey Cewek! Intip 5 Cara Ini Agar Siklus Haid Teratur

Selasa, 15 November 2022 | 13:53 WIB
X