• Sabtu, 1 Oktober 2022

ASI Ekslusif dan Susu Formula, Mana yang Lebih Baik? Simak Penjelasannya!

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:05 WIB
Ilustrasi - ASI Ekslusif dan Susu Formula, Mana yang Lebih Baik? Simak Penjelasannya! (Foto: Pixabay )
Ilustrasi - ASI Ekslusif dan Susu Formula, Mana yang Lebih Baik? Simak Penjelasannya! (Foto: Pixabay )

KETIKNEWS.ID,-- Pascamelahirkan anak, susu menjadi asupan utama untuk sang bayi. Tentu ASI ekslusif menjadi asupan yang terbaik untuk buah hati. 

ASI ekslusif sebaiknya diberikan kepada bayi sampai berusia 6 bulan. Pada masa-masa awal ASI ekslusif, biasanya diberikan 2-3 jam sekali atau setiap anak haus atau lapar.

Subkoordinator Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Dewi Primasari menjelaskan, setelah masa 6-24 bulan, ASI tetap diberikan, tapi juga disertai makanan pendamping asi (MPASI) yang disesuaikan dengan kebutuhan di setiap usianya.

"Setelah 2 tahun, mulai disapih pelan-pelan dan anak dikenalkan dengan makanan yang sesuai dengan makanan keluarga untuk memenuhi gizi anak," ujarnya.

Baca Juga: Kejurnas Seri Kedua Indonesia Drift Series 2022 Berjalan Sesuai Harapan

Banyak kandungan dalam ASI mulai dari zat gizi makro maupun zat gizi mikro yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi.

Seperti zat gizi makro yang terdiri dari karbohidrat dan protein terkandung di dalam ASI. Semua zat ini bisa dengan sangat baik dan mudah dicerna oleh usus bayi.

"Seluruh protein yang terkandung dalam ASI diserap secara sempurna oleh usus bayi. Protein ini merupakan zat pembangun agar tumbuh kembang anak semakin lebih baik. Berbeda dengan susu formula (sufor), tidak semua proteinnya bisa diserap oleh usus bayi," paparnya.

Pun dengan lemak, omega 3, DHA, vitamin, mineral, dan zat antibodi semua terdapat dalam ASI. Sehingga nutrisinya sangat lengkap untuk bayi.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 5 Penyakit yang Biasa Muncul pada Musim Hujan

Senin, 26 September 2022 | 09:51 WIB

Patut Diwaspadai, 6 Hal Tanda Jantung Tidak Sehat

Selasa, 20 September 2022 | 08:53 WIB

Hati-hati Mabuk Siber, Berikut 5 Tanda Cybersickness

Rabu, 7 September 2022 | 11:01 WIB
X