• Jumat, 7 Oktober 2022

Manfaat dan Efek Samping Kalsium Hidroksida bagi Kesehatan, Apakah Berbahaya?

- Kamis, 15 September 2022 | 16:50 WIB
Ilustrasi kapur sirih (Foto:PortalRepublik/Tokopedia)
Ilustrasi kapur sirih (Foto:PortalRepublik/Tokopedia)

KETIKNEWS.ID,-- Kalsium hidroksida atau Ca(OH)2 yang sering dikenal dengan kapur sirih ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan tanaman sirih, lho! Kalsium hidroksida merupakan salah satu bahan kimia, bukan hasil olahan dari daun sirih.

Kalsium hidroksida adalah serbuk putih yang tidak memiliki bau. Dalam dunia industri, kalsium ini digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan mulai dari untuk pengelolaan limbah, produksi dan pengolahan kertas hingga keperluan konstruksi.

Dalam dunia kedokteran, kalsium hidroksida digunakan untuk campuran atau isian akar gigi. Selain itu, serbuk putih inipun sering digunakan untuk bahan makanan seperti acar hingga campuran jus buah.

Lantas, apakah kalsium hidroksida berbahaya bagi kesehatan?

Ada banyak anggapan menyatakan kalsium hidroksida berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti radang tenggorokan, mulut terbakar, sakit perut, muntah dan buang air besar. Menelan kalsium hidroksida juga disebut dapat merusak fungsi organ dalam tubuh karena kandungan alkaline yang tinggi.

Walaupun begitu, reaksi-reaksi yang disebutkan diatas hanya akan muncul jika kita mengkonsumsi kalsium hidroksida yang tidak diperuntukkan untuk bahan maupun olahan makanan. Mengkonsumsi kalsium hidroksida atau kapur sirih yang belum food grade dapat mengakibatkan cedera hingga efek yang lebih buruk yaitu kematian.

Badan Pengawas Obat dan Makanan memastikan penggunaan kalsium hidroksida cukup aman jika digunakan untuk bahan makanan selama cara pengolahannya dilakukan dengan baik dan memenuhi standar.

Manfaat Kalsium Hidroksida

Banyak manfaat yang terdapat dalam kalsium hidroksida, diantaranya adalah sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: SehatQ

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 5 Penyakit yang Biasa Muncul pada Musim Hujan

Senin, 26 September 2022 | 09:51 WIB

Patut Diwaspadai, 6 Hal Tanda Jantung Tidak Sehat

Selasa, 20 September 2022 | 08:53 WIB

Hati-hati Mabuk Siber, Berikut 5 Tanda Cybersickness

Rabu, 7 September 2022 | 11:01 WIB
X