• Kamis, 29 September 2022

Tanpa Operasi, Ternyata Hernia Dapat Diatasi dengan Berbagai Varian Olahraga ini!

- Kamis, 22 September 2022 | 13:40 WIB
Ilustrasi olahraga (PIXABAY/HaticeEROL)
Ilustrasi olahraga (PIXABAY/HaticeEROL)

KETIKNEWS.ID,-- Kebanyakan orang masih menganggap dalam penanganan penyakit hernia, operasi adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Nyatanya, olahraga pun mampu menjadi solusi bagi penderita hernia.

Hernia sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh organ dalam tubuh yang menonjol melalui jaringan-jaringan otot.

Pelemahan yang terjadi dalam otot akan membuat tubuh tidak mampu menahan organ disekitarnya yang mengakibatkan terjadinya hernia.

Seperti yang dijelaskan di atas, berolahraga secara rutin mampu menjadi solusi penyembuhan penyakit ini. Yuk simak apa saja varian-varian olahraganya!

Baca Juga: Mudah dan Efektif, Berikut Ini 7 Gerakan Olahraga yang Cocok untuk Pemula

1. Yoga secara rutin

Yoga adalah salah satu olahraga yang berfokus pada kestabilan tubuh, kelembutan dan keharmonisan gerakan yang mampu memperkuat otot-otot untuk mengatasi hernia dan mencegah penyakit ini untuk kambuh lagi. Gaya-gaya yang bisa dilakukan di rumah yaitu:

  • Gaya Sapta Vajrasana. Gaya ini dilakukan secara duduk dengan membiarkan siku yang ditekuk dan sudut yang membentuk huruf V ke bagian belakang. Lalu secara perlahan letakkan kepala menyentuh lantai. Selanjutnya, bungkukkan lutut tetapi posisi lututnya tetap dilantai.
  • Gaya Halasan. Ini dilakukan dengan tubuh yang berbaring terlentang dengan posisi bokong disamping. Lalu, kaki diangkat ke atas dan lurus tanpa membebani tangan. Kemudian gerakkan kaki ke bawah melewati kepala hingga ujung kaki menyentuh lantai.
  • Gaya Sarvangasana. Gerakan yang dilakukan berbaring terlungkup dan kedua tangan berada disamping tubuh dengan telapak tangan tetap menyentuh lantai. Angkat kaki dengan dorongan tangan juga tekuk siku agar telapak tangan tetap lurus.

2. Aerobik

Olahraga ini berfokus pada gerakan yang dinamis namun cepat. Olahraga ini mirip dengan olahraga senam, hanya saja ini dapat dilakukan dengan iringan musik. Gerakan-gerakan aerobik mampu mengencangkan otot juga memperkuat, memperlancar sirkulasi darah.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Halodoc

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 5 Penyakit yang Biasa Muncul pada Musim Hujan

Senin, 26 September 2022 | 09:51 WIB

Patut Diwaspadai, 6 Hal Tanda Jantung Tidak Sehat

Selasa, 20 September 2022 | 08:53 WIB

Hati-hati Mabuk Siber, Berikut 5 Tanda Cybersickness

Rabu, 7 September 2022 | 11:01 WIB
X