• Kamis, 1 Desember 2022

Mengenal Child Grooming, Kekerasan Seksual yang Wajib Diketahui bagi Orang Tua

- Senin, 3 Oktober 2022 | 11:20 WIB
Ilustrasi Child Grooming (Pixabay)
Ilustrasi Child Grooming (Pixabay)

KETIKNEWS.ID,-- Baru-baru ini netizen tengah digegerkan dengan pengakuan salah satu pesohor dalam negeri berusia 34 tahun yang berkencan dengan seorang anak perempuan yang masih berusia 14 tahun.

Bukan tanpa alasan mengapa netizen merasa resah, selain karena usia yang terpaut sangat jauh, usia sang kekasih masih terbilang kedalam usia minor menurut Undang-Undang di Negara Indonesia.

Banyak netizen yang memandang hal ini sebagai perilaku kekerasan seksual berupa child grooming, yang sepatutnya menjadi perhatian setiap orang tua karena ini adalah tindakan yang tidak diwajarkan.

Masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu child grooming dan mengapa hal ini bisa disebut sebagai suatu tindakan asusila.

Baca Juga: Jangan Takut! Lakukan Ini Jika Melihat dan Mengalami Pelecehan Seksual di Kereta Api

Child grooming merupakan suatu tindakan manipulatif yang dilakukan pelakunya yang sering dikenal sebagai ‘predator’, dimana ia akan melakukan banyak hal untuk mempengaruhi kondisi mental si korban seperti membangun hubungan saling mempercayai dengan anak yang tidak memiliki hubungan darah dengan si pelaku. Hal ini dilakukan agar nantinya, pelaku bisa melakukan pelecehan seksual terhadap korban.

Dalam setiap kasusnya, child grooming bisa terjadi kapan saja dan dilakukan dalam berbagai macam bentuknya dengan pelaku dan korban yang berbeda pula. Selain memanipulasi untuk berhubungan seksual, umumnya pelaku kekerasaan child grooming akan menekan kondisi mental si anak sehingga akan terganggu kesehatan psikisnya.

Sangat penting untuk diketahui, bahwa pelaku child grooming mampu membangun koneksi maupun kepercayaan dengan anak dan keluarganya dalam kurun waktu yang lama.

Lalu, apa saja dampak buruk yang bisa terjadi pada seorang anak yang mengalami kekerasan seksual ini? Yuk, disimak penjelasannya!

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hey Cewek! Intip 5 Cara Ini Agar Siklus Haid Teratur

Selasa, 15 November 2022 | 13:53 WIB
X