Palpitasi Jantung Saat Hamil? Jangan Parno Dulu! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

- Sabtu, 5 November 2022 | 14:16 WIB
Ilustrasi hamil. Palpitasi Jantung Saat Hamil? Jangan Parno Dulu! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya. (Pixabay)
Ilustrasi hamil. Palpitasi Jantung Saat Hamil? Jangan Parno Dulu! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya. (Pixabay)

KETIKNEWS.ID - Mengalami palpitasi jantung terkadang membuat kita menjadi parno dan khawatir. Terlebih bagi para ibu yang sedang hamil. Banyak faktor yang menyebabkan mengapa wanita mengalami palpitasi jantung dan ini merupakan hal yang umum.

Saat hamil, kondisi ini bisa terjadi ketika ibu telah memasuki trimester tiga. Dalam beberapa kasus, palpitasi jantung juga terjadi sebagai salah satu tanda dari kesehatan yang terganggu.

Namun begitu, kita tetap harus tenang. Kenali apa yang menjadi penyebab utama dari palpitasi jantung dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil ? Kenali Tanda Positif Hamil Sebelum Telat Haid. SImak Penjelasannya

Penyebab Palpitasi Jantung Saat Hamil

Pada saat hamil, tubuh wanita mengalami perubahan-perubahan drastis. Ini tak hanya terjadi pada bentuk tubuh saja namun juga organ-organ tak terkecuali organ jantung dan pembuluh darah.

Volume darah akan meningkat hingga 50 persen selama ibu sedang dalam fase kehamilan. Ini karena janin terus tumbuh besar dan membutuhkan tambahan darah agar tetap sehat.

Dengan aliran darah yang semakin meningkat dan beban jantung yang semakin bertambah untuk memompa darah ke seluruh tubuh, ini lah mengapa denyut nadi wanita yang sedang hamil meningkat.

Umumnya, palpitasi jantung pada saat hamil adalah keadaan yang normal. Namun, ada pula faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya palpitasi jantung, diantaranya:

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: SehatQ

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak sedang Sakit Tenggorokan? Ini Obatnya!

Minggu, 8 Januari 2023 | 15:14 WIB

10 Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat

Senin, 26 Desember 2022 | 15:08 WIB
X