• Selasa, 16 Agustus 2022

Mitos di Situs Ciung Wanara Ciamis, Dilarang Menyebut Kata Harimau!

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 12:29 WIB
lokasi ciungwanara,karang kamulyaan diciamas jawa barat (Doc.Ig@pegypefyana22)
lokasi ciungwanara,karang kamulyaan diciamas jawa barat (Doc.Ig@pegypefyana22)

KETIKNEWS.ID,-- Situs sejarah dan legenda Ciungwanara Karangkamulyan berlokasi di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situs ini rupanya menyimpan cerita mitos yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat. Tentu saja , karena hanya berupa sejarah lisan yang secara turun temurun dikisahkan dari mulut ke mulut mungkin ada sebagian kisah yang tidak benar atau bertambah dari cerita aslinya.

-

Napak tilas pada ditus peningalan di karang kamulaan.Instagram@zicoalbaiquni

Dan Mitos ini tidak lepas dari sejarah Kerajaan Galuh Ciungwanara yang sudah ada sejak abad ke-7. Galuh bermakna satu keagungan paling atas. Galuh pun memiliki arti permata atau dalam pribadi manusia berarti hati nurani. Sehingga Galuh itu posisinya diyakini paling atas, melambangkan kejujuran, hati yang murni, jangan angkuh dan tak sombong.

Diantara mitos-mitos yang ada di Situs Ciung Wanara, diantaranya hewan peliharaan akan mati jika melewati Situs ini. Karena mitos ini, banyak rombongan sirkus yang memilih jalan memutar dari Jawa Tengah ke arah Bandung untuk menghindari situs ini. Namun, kala ada perlombaan burung berkicau, mitos ini terpatahkan. Karena tidak ada satupun burung yang ikut lomba di Situs Karangkamulyan mati.

Selain itu, di situs ini, pengunjung melarang menyebut kata ‘harimau’. Pernah kejadian seorang pengunjung mengaku dikejar harimau ketika mengelilingi kawasan hutan Situs Karangkamulyan. Rupanya, pengunjung tersebut sebelumnya berkata ingin bertemu harimau saat masuk ke situs tersebut.

larangan melakukan ritual pemujaan atau pesugihan di situs ini, larangan untuk berkata ‘sompral’ atau sembarangan, serta larangan merusak alam. Jika bicara sompral atau merusak alam, konon si pengunjung bisa kena apes.

-

Pohon besar yang ada di lokasi situs>instagram@uiannlu

Halaman:

Editor: Zafar Sidik

Terkini

6 Mitos di Tanah Sunda yang Memiliki Sebab Akibat

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:02 WIB

3 Makna Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:18 WIB

Misteri Gunung Jaya wijaya Papua Yang Mencekam

Rabu, 13 April 2022 | 15:14 WIB

4 Penguasa Lautan Selain Nyi Roro Kidul

Selasa, 22 Februari 2022 | 19:11 WIB

Identik dengan Hal Mistis, Apa Itu Ritual Klenik?

Senin, 14 Februari 2022 | 15:42 WIB
X