KETIKNEWS.ID,- Pemerintah melalui Menteri Perdagangan (Mendag) siap memfasilitasi para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya agar bisa menjangkau peluang di pasar ekspor.
Adapun, bantuan yang dilakukan pemerintah agar usaha dari pelaku usaha bisa masuk ke pasar ekspor yaitu dengan memperkenalkan produk di acara-acara internasional.
Hal ini pun sudah dicoba oleh enam jenama busana muslim lokal yang akan memamerkan produknya di L'adresse Trade Showroom pada Paris Fashion Week (PFW) 2023 pada 3-6 Maret 2023 di Paris, Prancis.
"Para desainer dari enam jenama yang akan menghadiri L'adresse Trade Showroom pada PFW 2023 diharapkan dapat memperkaya pengetahuan mengenai tren permintaan di pasar global. Hal ini tentunya akan mempermudah pelaku usaha untuk masuk ke pasar ekspor," kata Mendag Zulkifli Hasan.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa dan UMKM Harga 4 Juta-an Tahun 2023
Dalam pelaksanaan untuk mengenalkan produk pelaku usaha lokal ke pasar ekspor ini, Kemendag bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris dan Tokopedia akan membawa IKYK, Artkea, KEA, Aidan and Ice, BLP Beauty, dan Jewel Rocks pada gelaran L'adresse Trade Showroom.
Arvi Sardadi selaku perwakilan dari Artkea mengatakan, mengapresiasi dukungan dari Kemendag dan seluruh pihak terkait yang telah memfasilitasi keenam jenama untuk mengikuti pameran tersebut.
"Keikutsertaan kami di ajang pameran ini diharapkan dapat menunjukkan kepada buyer di pasar global bahwa Indonesia memiliki kualitas serta desain produk yang unggul dan tidak kalah dengan jenama yang ada di luar negeri," kata Arvi.
Baca Juga: Kemenkop UKM Targetkan 10 Juta UMKM Miliki NIB pada 2023
Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Prancis Mohamad Oemar dalam pernyataan tertulisnya mengatakan, penetrasi pasar ke Prancis harus dilakukan dengan penyesuaian terhadap selera pasar Prancis sebagai pusat mode dunia sehingga semakin banyak produk Indonesia, khususnya produk fesyen yang masuk ke pasar Prancis.
"KBRI Paris berkomitmen penuh untuk terus mendukung karya kreatif Indonesia masuk ke pasar Prancis, khususnya lewat platform resmi L'adresse Trade Showroom pada Paris Fashion Week (PFW) 2023. Upaya ini dimulai awal tahun 2022, dan akan terus berlanjut sampai tahun-tahun ke depannya," katanya.
Kegiatan pameran di PFW merupakan tindak lanjut kegiatan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang digagas Kemendag. Tujuannya untuk mempromosikan keunggulan busana muslim Indonesia dan industri turunannya ke pasar ekspor.
Baca Juga: Fasilitasi UMKM Kota Bandung, Destinasi Kuliner Halal Aman Sehat Hadir di Taman Valkenet Malabar
Pada 2023, JMFW fokus kepada promosi produk busana muslim dan turunannya di tiga ajang fesyen internasional yakni New York Fashion Week, L’adresse Trade Showroom pada Paris Fashion Week, dan London Fashion Week.
Artikel Terkait
Daftar Harga dan Nama 22 Produk UMKM yang Jadi Suvenir Resmi KTT G20
Dukung Digitalisasi Transportasi, Sandiaga Uno Serahkan Hibah GPS Tracker bagi UMKM Bali
Berbagai Produk Unggulan UMKM Binaan Rumah BUMN di Future SMEs Village KTT G20 Bali
Pasar Kreatif Bandung Store TSM Digelar, Suguhkan Berbagai UMKM Produk Lokal
Dukung UMKM ke Pasar Global, Rumah BUMN Hadirkan Produk Unggulan di Side Event KTT G20
Bantuan Modal bagi UMKM di Kota Bandung Kembali Disalurkan