KETIKNEWS.ID,-- Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diminta untuk dapat memaksimalkan konten kreatif di media sosial (Medsos). Terlebih, memasuki momen bulan Ramadhan untuk menggaet lebih banyak pelanggan.
Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno di acara bersama komunitas UMKM, di Jakarta, Rabu, dimuat Kamis (16/3/2023).
“Penelitian kami di Kemenparekraf menunjukkan konten sosial media yang interaktif, atraktif, dan kreatif rupanya menopang 65 persen lebih omzet dari UMKM-UMKM,” ucapnya.
Baca Juga: Berkunjung ke Lampung? Ini Makanan Khas Lampung yang Sering Disajikan!!
Ia menjelaskan bahwa setiap konten kreatif yang digunakan untuk pemasaran secara digital maka potensi penjualan produk dan jasa meningkat hingga 65 persen.
Meski potensinya besar, menurut Sandi, saat ini masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan media sosial secara efektif lewat konten sebagai strategi pemasarannya. Sehingga diperlukan dorongan lebih agar UMKM bisa mencapai potensi maksimalnya.
“UMKM kita ada sebanyak 64 juta namun setiap harinya mereka strugling karena tidak berstrategi. Nah untuk itu strategi bisnis termasuk membuat konten perlu empowerment,” pungkasnya.
Artikel Terkait
Sandiaga Uno Dorong dan Usulkan Kebaya Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO