BI Optimalkan Peran Pesantren Kembangkan Komoditas Pangan

- Jumat, 17 Maret 2023 | 17:05 WIB
Logo Bank Indonesia (Foto: EmitenNews.com)
Logo Bank Indonesia (Foto: EmitenNews.com)
KETIKNEWS.ID,-- Bank Indonesia (BI) akan mengoptimalkan peran pesantren untuk pengembangan komoditas pangan strategis dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia.
 
"Kami akan mendorong pesantren ini menjadi pusat pengembangan komoditas pangan strategis," kata Deputi Gubernur BI Juda Agung dalam acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi pangan (GNPIP) Jawa Timur 2023 seperti dilansir dari antaranews, Jumat (17/3/2023).

Ia mengungkapkan bahwa BI memiliki program Integrated Farming with Technology and Information (Infratani) yang mengembangkan infrastruktur budi daya hortikultura berbasis teknologi. Program tersebut, sambung dia, mendukung penguatan sektor pertanian terintegrasi yang berbasis pada pemanfaatan teknologi digital.

Saat ini, diakui dia, program tersebut sudah tersebar di 90 pondok pesantren di berbagai wilayah di Indonesia, dan Juda berharap pada 2023, program tersebut akan dilakukan di Jawa Timur.
 
Dengan demikian, kata dia, pesantren dapat semakin berperan mendukung produksi pertanian dan hortikultura guna mendukung ketahanan pangan.

"Peran pondok-pondok pesantren dapat kita optimalkan untuk mendukung program ketahanan pangan," ujar Juda dalam acara yang bertemakan Sinergi dan Inovasi untuk Ketahanan pangan Nasional melalui Teknologi Pertanian dan Digitalisasi itu.
 
Baca Juga: Menjelang Bulan Puasa, Berikut 7 Makanan Tradisional Khas Ramadan Diberbagai Dunia

Karena itu, ia berharap Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) dapat terlibat dengan mengajak anggotanya aktif di dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

"Ada pesantren yang sudah mampu mengaplikasikan teknologi dan digitalisasi dalam pertanian seperti green house, pemupukan dan penyiraman tanaman dengan memanfaatkan internet of things."
 
"Sehingga penyiraman bisa dilakukan secara otomatis. Pemanfaatan teknologi tersebut mendorong produktivitas pertanian semakin meningkat," pungkasnya.

Editor: Gideon Sinaga

Sumber: ANTARA

Tags

Terkini

Jadwal One Way dan Contra Flow Mudik Lebaran 2023

Kamis, 30 Maret 2023 | 15:35 WIB

Jokowi Bakal Segera Lakukan Reshuffle Kabinet

Kamis, 30 Maret 2023 | 11:53 WIB
X