Hari Down Syndrome Sedunia, KPAI Ajak Masyarakat Ubah Perspektif

- Rabu, 22 Maret 2023 | 11:44 WIB
Wanita bersama Anak Down Syndrome (Kali9)
Wanita bersama Anak Down Syndrome (Kali9)

KETIKNEWS.ID Hari Down Syndrome Sedunia yang diperingati pada 21 Maret kemarin menjadi momentum introspeksi untuk dapat menciptakan dunia yang ramah dan inklusif.

Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Diyah Puspitarini mengajak pemangku  kepentingan dan masyarakat untuk melalukan upaya perbaikan dalam pemenuhan hal anak dengan down syndrome.

Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Selain itu ia pun mengajak untuk menghilangkan perspektif negatif terhadap anak down syndrome.

Diyah meyakinkan bahwa kehidupan anak dengan down syndrome akan berubah menjadi lebih baik lagi walaupun harus melalui perjuangan yang tidak mudah. Dirinya mengingatkan bahwa setiap manusia yang dilahirkan pada kondisi apapun selalu memiliki kelebihan sekaligus pada anak dengan down syndrome.

Dukungan dan peran keluarga juga sangat dibutuhkan dalam hal ini untuk membuka kesempatan dan ruang kepada anak dengan down syndrome untuk bertumbuh dan berkembang, setara dengan anak - anak lainnya.

Diyah kembali menegaskan, peringatan Hari Down Syndrome Sedunia ini seharusnya dapat menggugah masyarakat agar semakin memberikan ruang yang aman dan nyaman bagi anak - anak down syndrome mengingat mereka memiliki hak yang sama seperti anak lainnya.

Setiap anak dengan down syndrome tetap memiliki hak untuk mendapatkan pengasuhan yang baik dari orang tuanya, baik secara psikis seperti perhatian penuh dari orang tua maupun secara fisik seperti pemantauan terhadap pemenuhan gizi yang cukup sejak masih balita hingga kebutuhan vaksinasi.
.

Editor: Gideon Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X