• Jumat, 22 September 2023

Gelar Bilateral dengan Presiden Korsel, Presiden Jokowi Kerjasama  di Sejumlah Bidang

- Minggu, 21 Mei 2023 | 19:57 WIB
 
KETIKNEWS.ID,-- Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang digelar di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara.
 
Salah satunya, pertemuan dengan 
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di Hotel Grand Prince, pada siang tadi waktu setempat. 
 
"Kami membahas mengenai kerja sama di sejumlah bidang, di antaranya kerja sama perdagangan melalui IK-CEPA," kata Presiden Jokowi dilansir dari laman instagram resmi centang biru @jokowi, Minggu (21/5/2023).
 
"Termasuk dukungan atas 18 proposal proyek yang telah diajukan oleh Indonesia di bidang pertanian, kesehatan, kebudayaan, perikanan, otomotif, dan IT," tambahnya.
 
Dalam pertemuan tersebut, Presiden mengutarakan pentingnya dukungan Presiden Korsel terhadap realisasi komitmen investasi sejumlah perusahaan Korsel di Indonesia.
 
"Saya meminta dukungan Presiden Yoon terhadap realisasi komitmen investasi sejumlah perusahaan Korea Selatan di Indonesia seperti komitmen Lotte Chemical dan CJ Group untuk pembangunan pabrik industri kimia di Banten dan pabrik bioproduct di Jawa Timur, dukungan distribusi energi dan EBT melalui perusahaan LS Cable dan TSE, dan realisasi investasi ekosistem EV," ucap Jokowi.

Sementara itu, mengenai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Jokowi berharap pembangunan sistem pengolahan air Sepaku Semoi Water Treatment Plant yang didukung Korea Selatan dapat berjalan baik dan selesai sesuai jadwal.

"Dalam bidang ketenagakerjaan, saya meminta Presiden Korea Selatan untuk menambah kuota dan perluasan bidang kerja bagi pekerja migran Indonesia di Korea Selatan," pungkasnya.

Editor: Ijal Sikumbang

Sumber: Instagram

Tags

Terkini

Film Oppenheimer, Sebuah Ironi

Senin, 7 Agustus 2023 | 20:50 WIB

Putra Presiden Kolombia Ditangkap, Ada Apa?

Minggu, 30 Juli 2023 | 06:21 WIB
X