• Jumat, 9 Desember 2022

Tuan Rumah KTT G20, Erick Thohir Menteri BUMN Akan Terus Mengawal Budaya Bali

- Selasa, 4 Januari 2022 | 14:04 WIB
Erick Thohir menegaskan pentingnya menjaga kelestarian budaya dalam negeri (Dok.IG@Erickthohir)
Erick Thohir menegaskan pentingnya menjaga kelestarian budaya dalam negeri (Dok.IG@Erickthohir)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pentingnya menjaga kelestarian budaya dalam negeri, termasuk budaya Bali, yang turut berperan penting untuk perekonomian bangsa.

Demikian disampaikannya saat mengunjungi pelaksanaan Banjar Creative Space di Banjar Taman Kelod, Ubud. “Kita terus mengawal budaya Bali, salah satunya yang dilakukan Pertamina hadir sampai banjar- banjar dan nilainya buat saya besar. Bayangkan satu banjar 200 juta nilainya. Jadi ini luar biasa komitmennya ada kesinambungan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat,” ujar Erick.

Baca Juga: China akan Garap pembangunan Bandar Udara Internasional di Kubutambahan Bali Utara.

Menurut dia, dengan situasi ekonomi yang tidak menentu, bukan waktunya mengeluh, justru waktunya bangkit karena itu harus terus melakukan investasi. Sebagai tuan rumah KTT G20, investasi di Bali utamanya untuk infrastruktur perlu terus ditingkatkan, termasuk pemberdayaan masyarakat yang juga harus terus digulirkan. “Kita ingin menjadikan Bali sebagai super hub daripada turis kelautan yang di mana titiknya di sini, kemudian baru dia menyebar ke pulau-pulau lain,” kata Erick.

Menteri BUMN Erick Thohir (Dok.IG@Erickthohir)

Gelaran kegiatan Banjar Creative Space menampilkan berbagai sektor seperti pertanian organik, pemahat patung batu dan kayu serta kerajinan anyaman rotan Atte. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan program pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas banjar di bidang ekonomi, lingkungan, pendidikan dan kesehatan dan menargetkan 10 banjar di provinsi Bali.

Beragam kegiatan pemberdayaan telah dijalankan di setiap banjar, salah satunya di Banjar Taman Kelod, Ubud ini.

Baca Juga: Prof. Dibya Luncurkan Buku Puitika Tari, Melestarikan dan Mendokumentasikan Budaya Bali

Warga setempat diberikan pelatihan usaha ekonomi seperti lukisan, kerajinan tas lukis dan patung ukiran. Pertamina juga memberikan bantuan sarana dan edukasi kesehatan, bantuan sarana belajar dan buku pendidikan di PAUD serta bantuan sarana tari tradisional. Hal yang sama dilakukan Pertamina di Banjar Geriana Kauh Karangasem. Kegiatan yang dilakukan antara lain pengembangan dan pelatihan usaha ekonomi seperti tenun, kerajinan anyaman dan patung ukiran.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBNU Kutuk Keras Insiden Bom Bunuh Diri Astanaanyar

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:53 WIB

Sudah Diketuk Palu, DPR RI Resmi Sahkan RKUHP jadi UU

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:13 WIB

BNPB: Letusan Gunung Semeru Tidak Sebabkan Tsunami

Senin, 5 Desember 2022 | 16:58 WIB
X