• Sabtu, 1 Oktober 2022

Lucian Zbarcea, Warga Rumania yang Memperkenalkan Gamelan Ke Masyarakat Rumania

- Rabu, 5 Januari 2022 | 12:08 WIB
Lucian Warga Rumania (Dok.Kemlu)
Lucian Warga Rumania (Dok.Kemlu)

KETIKNEWS.ID,-- Seperti kita ketahui, gamelan adalah alat musik tradisional Indonesia. Tapi tahukah kamu, bahwa saat ini gamelan sudah go internasional. Ya, gamelan mendunia. Di Eropa gamelan bukan barang asing lagi. Khususnya di Rumania, Gamelan sangat diminati orang Rumania.

Baca Juga: Merinding, Upaya Amerika Memperkenalkan Gamelan Kebudayaan Indonesia

Orang Rumania banyak yang bisa memainkan alat musik gamelan. Entah itu gamelan Bali, gamelan Jawa maupun gamelan Sunda. Di beberapa kesempatan. Baik saat diplomasi budaya Indonesia – Rumania. Maupun acara kumpul-kumpul orang indonesia di Rumania.

Berkat Kepedulian dan kecintaan Lucian Zbarcea terhadap seni budaya indonesia (Dok.Kemlu)

Uniknya, kebanyakan pertunjukan gamelan di Rumania tersebut ditampilkan oleh orang lokal, alias orang Rumania. Iya, orang Rumania main gamelan, dan kita sebagai penontonnya. Disini lain kita berbangga hati karna seni budaya indonesia di minati warga asing. Tapi kita harus kuat dan terus melestariakan nya khususnya kepada generasi muda, mereka harus lebih peduli dan belajar,agar seni budaya kita tetap terjaga.

Baca Juga: Jejak Gamelan Di Indonesia, UNESCO Menetapkan Gamelan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Berkat Kepedulian dan kecintaan Lucian Zbarcea terhadap seni budaya indonesia, warga negara Rumania yang menikah dengan WNI asal Bali, Made Pradnyani Dewi. Pada tahun 2006, Lucian terus belajar di jurusan seni musik Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Kesempatan tersebut diperoleh setelah lolos seleksi program darmasiswa yang diinisiasi oleh pemerintah Republik Indonesia. Saat ini selain aktif sebagai dosen seni musik di Universitas Musik Nasional Bucharest - Universitatea Națională de Muzică București (UNMB), dia juga aktif di berbagai pertunjukan musik di Rumania dengan mengusung musik tradisional Indonesia, gamelan.

Berkat Kepedulian dan kecintaan Lucian Zbarcea terhadap seni budaya indonesia (Dok.kemlu)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi! Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina pada Hari Ini

Jumat, 30 September 2022 | 06:54 WIB

Gila! NASA akan Uji Coba Ketahanan Planet Bumi

Selasa, 27 September 2022 | 11:53 WIB
X