• Rabu, 10 Agustus 2022

Menkes Budi Gunadi Sadikin: Pemberian Vaksin Booster Pertimbangan Ketersediaan Vaksin dan Hasil Riset

- Rabu, 12 Januari 2022 | 09:52 WIB
Presiden Jokowi menerima suntikan dosis pertama vaksina COVID-19 (Humas Setkab)
Presiden Jokowi menerima suntikan dosis pertama vaksina COVID-19 (Humas Setkab)

KETIKNEWS.ID.--Pemerintah akan memulai vaksinasi dosis lanjutan atau booster hari ini, Rabu (12/01/2022). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pemberian vaksin ini akan mempertimbangan ketersediaan vaksin saat ini.

Hal tersebut disampaikan Menkes dalam keterangan pers terkait Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Booster COVID-19, Selasa (11/01/2022) sore, yang ditayangkan di kanal YouTube Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seperti dilangsir dari laman setkab.

Baca Juga: Dukung Food Estate Hortikultura, Perhorti Siap Pasarkan Produk Petani Lokal ke Pasar Restoran

“Pemerintah akan memberikan vaksinasi booster dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang ada di tahun ini karena jenisnya akan berbeda dengan ketersediaan fasilitas di tahun lalu dan kita juga mempertimbangkan hasil riset yang dilakukan oleh peneliti-peneliti dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Budi.

Hasil riset tersebut, imbuhnya telah dikonfirmasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Sebagaimana diketahui, BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk lima produk vaksin sebagai vaksin booster.

Baca Juga: Ridwan Kamil Menekankan Tiga hal kepada ASN Pemda Kota Bekasi dalam Menjalankan Tugas

Kelima jenis vaksin tersebut adalah CoronaVac atau Vaksin COVID-19 Bio Farma, Comirnaty oleh Pfizer, AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac), Moderna, dan Zifivax.

Menkes memaparkan, kombinasi vaksin booster yang dapat diberikan adalah, untuk masyarakat yang memperoleh vaksin primer Sinovac (vaksin pertama dan kedua Sinovac) akan diberikan vaksin booster setengah dosis vaksin Pfizer atau setengah dosis vaksin AstraZeneca.

Baca Juga: FIBA Asia Cup 2022 Akan Digelar di Jakarta 12-24Juli Mendatang

Halaman:

Editor: Usamah Kustiawan

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Imbas Blokir Paypal Cs, Kominfo akan Digugat

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:44 WIB

Doni Salmanan Tipu 25.000 Orang untuk Daftar Quotex

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:17 WIB

7 Filosofi Logo HUT ke-77 RI 17 Agustus 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X