Wapres: Kitab-Kitab Klasik Karya Ulama Nusantara Jadi Kearifan Lokal dan Referensi Generasi Muda

- Kamis, 13 Januari 2022 | 17:54 WIB
Wapres K.H. Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan keluarga besar keturunan Syaichona Moh. Cholil di Pendopo Bupati Bangkalan (BPMI Setwapres)
Wapres K.H. Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan keluarga besar keturunan Syaichona Moh. Cholil di Pendopo Bupati Bangkalan (BPMI Setwapres)

KETIKNEWS.ID.--Di sela-sela kunjungan kerja di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan pertemuan dengan keluarga besar keturunan Syaichona Moh. Cholil di Pendopo Bupati Bangkalan, Jl. Letnan Abdullah 1 No. 1, Bangkalan, Kamis (13/01/2022).

Dilangsir dari laman wapresri, Dalam pertemuan, Wapres mengungkapkan dukungannya terhadap para cicit Syaichona Cholil yang tengah berupaya mengumpulkan kitab-kitab dan manuskrip karya ulama masyhur asal Bangkalan tersebut.

Baca Juga: Gus Muhaimin: Vaksinasi Booster atau Dosis Ketiga Tidak Boleh Dikomersilkan

“Jadi sudah ditemukan 20 karya Syaichona Cholil dari berbagai bidang. Nah, harapan Wapres adalah bahwa hal yang seperti ini sangat penting mesti dilakukan, tidak hanya (karya) Syaichona Cholil, tetapi juga ulama-ulama besar Nusantara lainnya,” ujar Masduki Baidlowi Juru Bicara Wapres dalam keterangan persnya usai mendampingi Wapres dalam pertemuan.

Selanjutnya, kata Masduki, Wapres meminta agar karya-karya tersebut dijadikan sebagai kearifan lokal (local wisdom) untuk mengembangkan Islam moderat (wasathiyah).

Baca Juga: KKP Apresiasi TNI AL atas Sinergi Penanganan Puluhan Ekor Penyu Hasil Sitaan di Bali

“Jadi, Wapres berharap marilah kita menggali karya-karya dari ulama-ulama kita sendiri, yang rata-rata memang waktu itu tersebar di Timur Tengah, sebagai karya berbahasa Arab,” ujarnya.

Tidak hanya itu, menurut Masduki kitab-kitab karya Syaichona Cholil dan ulama-ulama Nusantara lainnya ke depan dapat menjadi referensi kajian di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Baca Juga: Resmikan Tim Patroli Perintis Presisi, Kapolri: Beri Rasa Aman Masyarakat

Halaman:

Editor: Usamah Kustiawan

Sumber: BPMI SETWAPRES

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB

Terpopuler

X