• Jumat, 7 Oktober 2022

G20pedia, Buku Elektronik Berisi Informasi dan Tanya-Jawab Seputar G20

- Kamis, 20 Januari 2022 | 12:07 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan G20pedia. Peluncuran buku elektronik berisi informasi dan tanya-jawab seputar G20 ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Group of Twenty atau G20, khususnya Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 (kominfo)
Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan G20pedia. Peluncuran buku elektronik berisi informasi dan tanya-jawab seputar G20 ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Group of Twenty atau G20, khususnya Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 (kominfo)

KETIKNEWS.ID.--Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan G20pedia. Peluncuran buku elektronik berisi informasi dan tanya-jawab seputar G20 ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Group of Twenty atau G20, khususnya Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Puji Koperasi Konsumen Praja Sejahtera Tetap Eksis Masa Pandemi

Dilangsir dari laman kominfo, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong menyatakan keberadaan G20pedia diperlukan untuk memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang sejarah terbentuknya G20, termasuk mengapa forum tersebut dinamakan G20, serta kontribusi dan peran aktif Indonesia di dalamnya.

Baca Juga: Mely, Bayi Orangutan ke-100 Lahir di SM Lamandau

“Ini penting, karena Indonesia satu-satunya negara berkembang di Asia Tenggara yang masuk dalam G20. Dengan demikian, negara kita memiliki kesempatan strategis untuk ikut menentukan arah desain kebijakan pemulihan ekonomi global, terutama pasca pandemi Covid-19,” jelasnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (19/01/2022).

Baca Juga: Wapres Tinjau Daerah Terdampak Gempa Bumi di Pandeglang, Banten

Menurut Dirjen IKP, informasi lain dalam G20pedia yang sangat penting untuk diketahui, adalah manfaat Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 bagi masyarakat. “Sebagaimana telah disampaikan Presiden Jokowi, G20 diharapkan bukan sekadar event, namun harus berdampak positif terhadap pemulihan sosial-ekonomi nasional dan bahkan global,” tegasnya.

Baca Juga: Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut Akan Ambil Langkah Tegas Respon Pernyataan Arteria Dahlan Soal Bahasa Sunda

Lebih lanjut, Dirjen Usman Kansong menyampaikan, penjelasan dalam G20pedia juga lebih membumikan istilah- istilah teknis dan teknokratis yang banyak dipergunakan dalam G20 agar lebih dipahami masyarakat. Melalui G20pedia, masyarakat dapat mencari tahu apa yang dimaksud dengan finance track, sherpa track, working groups, dan istilah lainnya.

Halaman:

Editor: Usamah Kustiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:05 WIB

Lirik Lagu Kanjuruhan Karya Iwan Fals

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:14 WIB
X