• Rabu, 10 Agustus 2022

Digitalisasi Jadi Salah Satu Solusi Dorong Perkembangan UMKM

- Kamis, 3 Februari 2022 | 06:00 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meluncurkan aplikasi marketplace "Inginapa Indonesia" dengan tema Dari Daerah untuk Dunia di Pasar Sandang, Kabupaten Sumedang, Rabu (2/2/2022) ( Biro Adpim Jabar)
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meluncurkan aplikasi marketplace "Inginapa Indonesia" dengan tema Dari Daerah untuk Dunia di Pasar Sandang, Kabupaten Sumedang, Rabu (2/2/2022) ( Biro Adpim Jabar)

KETIKNEWS.ID, KAB. SUMEDANG. -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, digitalisasi menjadi salah satu cara efektif mendorong pelaku UMKM di tengah situasi pandemi COVID-19. Dengan digitalisasi, kinerja UMKM diharapkan akan kembali bergairah.

Hal itu dikatakan Pak Uu --sapaan Wagub Jabar-- saat meluncurkan aplikasi marketplace "Inginapa Indonesia" dengan tema Dari Daerah untuk Dunia di Pasar Sandang, Kabupaten Sumedang, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga: Viral Perjuangan Seorang Ayah Mengangkat Galon Sambil Menggendong Anaknya

Selain itu, Pak Uu juga melaporkan, berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Jabar, transaksi e-commerce di Jabar tumbuh sampai 59,03 persen pada pertengahan triwulan III Tahun 2021. Angka itu berpotensi meningkat pada 2022.

"Berarti tidak menutup kemungkinan tahun 2022 ini akan semakin meningkat transaksi masyarakat dengan dunia digital," kata Pak Uu.

Baca Juga: PTM Dikota Bekasi Diberhentikan Imbas Dari Puluhan Siswa Positif COVID-19

"Perlu juga kami sampaikan bahwa pangsa pasar Jawa Barat, yang memang dunianya dunia digital, dibandingkan dengan provinsi lain yaitu nomor satu Jawa Barat," imbuhnya.

Pak Uu pun menuturkan, perkembangan pasar digital harus disertai dengan sosialisasi dan edukasi yang masif kepada pelaku UMKM. Maka, ia mendorong Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Sumedang melakukan dua hal tersebut.

Baca Juga: Polri Sita Akun YouTube, Buntut dari Ditetapkannya Edy Mulyadi Sebagai Tersangka Kasus Ujaran Kebencian

Halaman:

Editor: Usamah Kustiawan

Sumber: Biro Adpim Jabar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X