• Jumat, 12 Agustus 2022

Perkenalkan Gamelan dan Wayang di Kampus London, Inggris

- Kamis, 17 Februari 2022 | 18:27 WIB
KBRI London bekerja sama dengan Middlesex University (Dok. yuusuf_)
KBRI London bekerja sama dengan Middlesex University (Dok. yuusuf_)

KETIKNEWS.ID,-- KBRI London bekerja sama dengan Middlesex University menyelenggarakan kuliah umum dan lokakarya bersama mengenai pengenalan gamelan dan wayang Jawa yang ditampilkan oleh Grup Pandem Seta, pimpinan Ki Gunawan Purwoko. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Gamelan dan Wayang masuk kampus/sekolah tahun 2022.

“Seiring dengan terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20 pada tahun 2022, diplomasi budaya merupakan salah satu isu prioritas dengan fokus pada pelestarian dan promosi budaya guna mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan berimbang,” ujar Khairul Munadi KBRI London, Rabu (9/2).

Baca Juga: Mbah, Banyak Yang Membela Wayang Tapi Kok Sedih?

Melalui kegiatan ini, KBRI London terus mendorong promosi budaya dengan kolaborasi bersama mitra lokal, diaspora Indonesia, serta pelaku-pelaku budaya di Indonesia. “Kegiatan gamelan dan wayang masuk kampus ini merupakan kesempatan baik memperkenalkan dan mempromosikan budaya, juga pelaku budaya Indonesia, kepada komunitas akademik di London,” imbuh Khairul.

KBRI London bekerja sama dengan Middlesex University (Dok. KBRI London)

Lokakarya ini dilangsungkan secara daring dan diikuti 25 mahasiswa dari jurusan Music and Arts, Fakultas Arts and Creative Industries, Middlesex University. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari materi kuliah Music and Culture yang diampu Hwee San Tan dan difasilitasi Sarah Stuchfield, seorang seniman Inggris pecinta budaya Indonesia.

Baca Juga: Sunan Kalijaga, Wali yang Menyebarkan Islam Melalui Wayang

Dalam pengantarnya, Hwee San Tan menyampaikan bahwa acara ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan di Middlesex University dan termasuk ke dalam kredit pembelajaran program studi Music and Arts. “Kegiatan ini telah diselenggarakan bersama dengan KBRI London setidaknya dalam lima tahun terakhir. Pada tahun-tahun sebelumnya, kuliah umum dan lokakarya ini dilakukan di kantor KBRI London menggunakan gamelan milik KBRI, namun dalam dua tahun terakhir, karena masa pandemi kegiatan secara terpaksa dilakukan secara daring,” urainya.

Baca Juga: Filosofi Wayang yang Dibawakan Sunan Kalijaga Syarat akan Makna Islam

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kemendikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Latihan Perang China di Kawasan Taiwan Telah Berakhir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:29 WIB

PBB Puji Mesir Redakan Konflik Israel dan Gaza

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:39 WIB
X