Menparekraf Temui Tokoh Masyarakat Jambi Bahas Pengembangan Destinasi Wisata

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 11:33 WIB
Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan pertemuan dengan tokoh dan sejumlah masyarakat Jambi (Dok.Mesjid jambi)
Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan pertemuan dengan tokoh dan sejumlah masyarakat Jambi (Dok.Mesjid jambi)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan pertemuan dengan tokoh dan sejumlah masyarakat Jambi Kota Seberang untuk mendengar berbagai usulan atau masukan dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan destinasi wisata yang ada di kawasan tersebut.

Jambi Kota Seberang sendiri adalah bagian utara kota Jambi yang dipisahkan oleh sungai Batanghari. Jarak tempuhnya tidak jauh dari pusat kota Jambi. Banyak orang bilang, jika ingin melihat wajah kota Jambi yang sebenarnya maka datanglah ke Jambi Kota Seberang. Lantaran di sana adalah tempat warga asli melayu Jambi dengan adat istiadatnya yang kental, serta banyak terdapat peninggalan bersejarah.

Baca Juga: Jadi Penjahat di Film Fast and Furious 10, Jason Momoa Mengaku Sangat Senang

Dalam kesempatan itu, ada beberapa hal yang disampaikan oleh masyarakat Jambi Kota Seberang kepada Menparekraf Sandiaga. Termasuk di antaranya terkait dengan revitalisasi Rumah Batu Olak Kemang yang dalam sejarahnya merupakan tempat tinggal para raja. Rumah cagar budaya ini sudah berdiri sejak abad 18 dan merupakan jejak dari Kesultanan Jambi yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan agama Islam di Jambi pada abad ke-18, dimana pada saat itu Jambi menjadi jalur perdagangan yang sangat strategis.

Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan pertemuan dengan tokoh dan sejumlah masyarakat Jambi (Dok. kemenparekraf)

Selanjutnya, Danau Teluk yang menjadi sumber mata pencaharian masyarakat setempat, diharapkan dapat dikembangkan menjadi objek wisata. Di samping itu masyarakat juga mengusulkan agar Kemenparekraf bisa mendukung penyelenggaraan Festival Danau Teluk sebagai event berskala nasional. Ada pula wisata religi yang perlu dipromosikan lebih masif agar semakin dikenal wisatawan, karena banyak makam para wali dan tokoh-tokoh Islam.

Baca Juga: Bukan Lagi Plt, DPRD Kota Bandung Usulkan Yana Jadi Wali Kota Bandung Definitif

"Tadi masukan semua sudah saya terima dan saya sepakat bersama dengan Pak Gubernur, kawasan ini nanti kita kembangkan menjadi kawasan wisata berbasis halal industri, wisata religi, apalagi ini tanah yang banyak para wali dan tokoh-tokoh agama yang telah dimakamkan di sini. Tentunya kita harapkan menjadi destinasi pariwisata seperti di Kalimantan Selatan, Martapura, Haul Sekumpul yang dihadiri ratusan ribu atau mungkin jutaan dari para peziarah dari seluruh dunia," ujar Menparekraf Sandiaga, di Kampung Umo, Desa Pasir Panjang, Jambi, Rabu (2/3/2022).

Menparekraf Temui Tokoh Masyarakat Jambi Bahas Pengembangan Destinasi Wisata (Dok. kemenparekraf)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB

Terpopuler

X