Profil Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara

- Kamis, 10 Maret 2022 | 16:40 WIB
Profil Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara (Dok. Bambang Susantono)
Profil Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara (Dok. Bambang Susantono)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (10/03/2022) sore.

Dalam prosesi yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta tersebut, Kepala Negara melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel Sisa Masa Jabatan Tahun 2018-2023. Sedangkan, Bambang Susantono dilantik sebagai Kepala Otorita IKN serta Dhony Rahajoe dilantik sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Bambang Susantono telah menjadi orang pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Bambang dilantik Kepala Negara hari ini,
Bambang Susantono lahir Yogyakarta, 4 November 1963. Dia merupakan ahli di bidang teknik transportasi, dan perencanaan kota dan wilayah. Sebuah keahlian yang sangat dibutuhkan untuk memimpin Ibu Kota Negara yang baru.

Baca Juga: Tony Blair Bertemu Presiden Joko Widodo Bahas IKN

Bambang Susantono meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung. Dia mendapatkan gelar PhD dalam perencanaan infrastruktur, dan memiliki dua gelar master di bidang teknik transportasi dan perencanaan kota dan wilayah dari University of California, Berkeley.

Profil Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN Nusantara (Dok. Bambang Susantono)

Di pemerintahan Bambang Susantono pernah menjadi Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan dan Wakil Menteri Perhubungan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta menjabat Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010. Dia juga memimpin beberapa lembaga penelitian dan mengajar di universitas.

Bambang Susantono juga menjabat Wakil Presiden Wakil Presiden untuk Urusan Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan di Asian Development Bank (ADB). Dia adalah orang Indonesia pertama di posisi tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinilai Curhat, JPU Tolak Pleidoi Kuat Maruf

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:20 WIB

DPR Ikut Sidang Gugatan Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:53 WIB

Terpopuler

X