• Rabu, 5 Oktober 2022

Viral, Pernikahan Beda agama di laksanakan di Gereja, Bagai Mana Menurut Hukum Islam?

- Jumat, 11 Maret 2022 | 09:55 WIB
 Pernikahan Beda agama di laksanakan di Gereja, Bagai Mana Menurut Hukum Islam? (Dok. tik tok@Shaca_alya)
Pernikahan Beda agama di laksanakan di Gereja, Bagai Mana Menurut Hukum Islam? (Dok. tik tok@Shaca_alya)

KETIKNEWS.ID,-- Netizen dihebohkan dengan beredarnya poto mau pun video acara pernikahan beda agama yang dilaksanakan di Gereja Katolik, Semarang viral di media sosial. Pasalnya, pengantin pria beragama Katolik sedankan perempuan beragama Islam. Dalam akun facebook, Ahmad Nurcholish, tampak pengantin pria mengenakan jas dan perempuan memakai hijab. Tampak Imam Gereja foto bersama di gereja.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menyampaikan tanggapan soal pernikahan beda agama yang belakangan ini menjadi viral. Dia menekankan, pernikahan beda agama tidak sah menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Hukum Islam.

Baca Juga: Indigo di Mata Islam, Fenomena Nyata atau Hanya Mitos BelakaBaca Juga: Indigo di Mata Islam, Fenomena Nyata atau Hanya Mitos Belaka

"Dalam Undang-Undang Perkawinan disebutkan pernikahan dinyatakan sah sesuai agama dan keyakinan mempelai. Demikian halnya dengan (Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 1991 tentang) Kompilasi Hukum Islam," kata dia  (9/3).

Mu'ti melanjutkan, perkawinan campuran di dalam Undang-Undang Perkawinan adalah pernikahan mempelai yang berbeda warga negara, bukan yang berbeda agama. Menurut dia, kemudian banyak pasangan yang menikah beda agama melakukannya di luar negeri. Setelah itu bukti administratif pernikahannya disahkan di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Syekh Subakir Ulama Persia Penyebar Agama Islam di Tanah jawa

Karena itu, Mu'ti mengungkapkan, UU Perkawinan yang ada saat ini sebetulnya sudah jelas. "Regulasi sudah jelas. Problemnya adalah penegakkan dalam pelaksanaannya," ujar guru besar ilmu pendidikan agama Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Dia juga menjelaskan, dalam hukum Islam sendiri, mayoritas ulama berpendapat bahwa pernikahan beda agama tidak sah. Alquran juga melarang Muslim menikah dengan orang-orang musyrik. Perdebatan kemudian terjadi ihwal pernikahan antara seorang Muslim dengan perempuan Ahli Kitab.

Baca Juga: Wendy Red Velvet Berulang Tahun ke-28, Pernah Viral Karena Potongan Rambut

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X