• Sabtu, 1 Oktober 2022

Mbah Mijan Angkat Bicara Soal kehadirang Pawang Hujan di MotoGp Mandalika 2022

- Senin, 21 Maret 2022 | 11:49 WIB
Aksi seorang pawang hujan bernama Raden Roro Istiati Wulandari (Dok. rnj_motosport)
Aksi seorang pawang hujan bernama Raden Roro Istiati Wulandari (Dok. rnj_motosport)

KETIKNEWS,ID,-- Heboh, dunia media sosial terutama twiiter heboh dengan kehadirang seorang pawang dalam ajang dunia MotoGp Mandalika 2022. Bahkan, sejumlah warganet mempersoalan kehadiran pawang tersebut. Kelompok ini mengatakan saat teknologi sudah memasuki era digital, kenapa kepercayaan kuno semacam ini masih digunakan?.

Mbah Mijan yang di kenal sebagai paranormal kondang merespons aksi seorang pawang hujan bernama Raden Roro Istiati Wulandari saat perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB viral di media sosial.

Baca Juga: Jadi Sorotan, Aksi Pawang Hujan di MotoGP Mandalika 2022 Malah Dikecam Netizen

"Luar biasa, ajang kelas dunia, tetapi masih melibatkan ritual kearifan lokal," ujar Mbah Mijan dilansir dari genpi pada Senin (21/3/2022). Mbah Mijan menambahkan keunikan dari aksi pawang hujan ini menjadi ciri khas Indonesia.

Mbah Mijan Paranormal Kondang (Dok. Mbah Mijan)

Pawang hujan itu merupakan bagian dari budaya indonesia dan tidak relevan dengan ilmu pengetahuan. Terlepas dari ketidaksepahaman mengenai pawang hujan, namun di zaman yang menurut kita modern ini keahlian mereka hingga kini masih dimanfaatkan dan di butuhkan.Dalam tradisi keraton di Jawa, pawang hujan bahkan memiliki kedudukan yang prestisius.

Baca Juga: 4 Fakta Unik yang Terjadi di Mandalika

Dia juga menjelaskan pawang hujan di Indonesia sudah ada sedari dulu dan telah turun-temurun. Di Keraton Kasunanan Surakarta, misalnya, terdapat pawang hujan yang sangat terkenal, bernama Haknyo Ramiyono. Setiap acara-acara penting di keraton dan sekitarnya, dia tidak hanya bertugas membersihkan langit dari awan gelap, tetapi juga menangkal setiap hal berbau transendental yang berpotensi mengganggu jalannya acara.

Baca Juga: Bali Terpilih sebagai Tuan Rumah World Water Forum 2024

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Terkini

Hore! Masa Berlaku Paspor untuk WNI jadi 10 Tahun

Jumat, 30 September 2022 | 15:24 WIB

Akhir Proses Perkara Ferdy Sambo CS

Kamis, 29 September 2022 | 17:53 WIB
X