• Selasa, 29 November 2022

Delegasi Pendidikan G20 Kenali Warisan Budaya Dunia Candi Borobudur dan Prambanan

- Senin, 21 Maret 2022 | 17:06 WIB
Delegasi Pendidikan G20 Kenali Warisan Budaya Dunia Candi Borobudur dan Prambanan  (Dok.candiborobudur)
Delegasi Pendidikan G20 Kenali Warisan Budaya Dunia Candi Borobudur dan Prambanan (Dok.candiborobudur)


KETIKNEWS.ID,-- Mengenal kekayaan budaya Indonesia yang beragam menjadi hal yang menarik bagi siapa pun, termasuk warga negara asing. Kunjungan kebudayaan (cultural visit) atau ekskursi budaya selalu menjadi agenda wajib dalam perhelatan internasional yang berlangsung di Indonesia, termasuk saat Presidensi G20 Indonesia.

Di sela-sela Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Pendidikan G20 atau First Education Working Group (EdWG) Meeting, para delegasi G20 diajak untuk menikmati pesona matahari terbit di Candi Borobudur, berkunjung ke Candi Prambanan, hingga menikmati Royal High Tea (Patehan) dan mencoba Jemparingan.

Agenda budaya yang pertama diikuti para delegasi G20 adalah menikmati makan malam di Candi Prambanan dan menyaksikan pertunjukan dramatari Roro Jonggrang pada Kamis malam, (17/3/2022).

Baca Juga: Wisatawan Taman Wisata Candi Borobudur Alami Peningkatan

Dramatari berlangsung di kompleks Candi Prambanan dengan latar belakang Candi Prambanan yang tampak indah di malam hari dalam sorotan cahaya lampu. Para delegasi menyaksikan dramatari tersebut dan memberikan apresiasi dengan riuh tepuk tangan saat dramatari selesai.

Delegasi Pendidikan G20 Kenali Warisan Budaya Dunia Candi Borobudur dan Prambanan (Dok,kemendikbud)

Dramatari Roro Jonggrang mengisahkan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Dikisahkan, Bandung Bondowoso yang ingin meminang Roro Jonggrang harus memenuhi syarat yang diajukan, yaitu membangun 1.000 candi dalam waktu satu malam. Bandung Bondowoso lalu meminta bantuan prajurit jin untuk membangun 1.000 candi.

Baca Juga: Temui Sultan, Erick Thohir Bahas Tol hingga Candi Borobudur

Namun saat candi ke-999 selesai dibangun, terdengar suara ayam berkokok, pertanda pagi telah tiba. Bandung pun gagal meminang Roro Jonggrang. Karena merasa ditipu oleh Roro Jonggrang, Bandung lalu mengutuknya menjadi arca sebagai penggenapan jumlah 1.000 candi.

Usai menikmati makan malam dan dramatari di Candi Prambanan, keesokan harinya para delegasi G20 mengikuti agenda kunjungan kebudayaan ke Candi Borobudur. Di hari terakhir EdWG, Jumat (18/3/2022), rombongan telah siap sejak pukul 04.00 WIB untuk berangkat menuju Candi Borobudur dan menikmati matahari terbit. Kedatangan mereka di Candi Borobudur disambut oleh Balai Konservasi Borobudur, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kemendikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
X