• Selasa, 29 November 2022

Kemenkes: Pertemuan G20 Bisa jadi Ajang Kerja Sama Membuat Vaksin Global

- Kamis, 24 Maret 2022 | 10:54 WIB
Ilustrasi - Kemenkes: Pertemuan G20 Bisa jadi Ajang Kerja Sama Membuat Vaksin Global. (HUMAS BPOM/UN)
Ilustrasi - Kemenkes: Pertemuan G20 Bisa jadi Ajang Kerja Sama Membuat Vaksin Global. (HUMAS BPOM/UN)

KETIKNEWS.ID,-- Pertemuan G20 adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa.

Dari sektor kesehatan, pertemuan ini bisa menjadi perantara untuk membuat vaksin global.

Sekretaris Direktorat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022 ini sangat strategis mengingat forum ini akan memberikan suatu percontohan yang nyata dan komprehensif untuk recovery global.

Baca Juga: Hore! Naik Bus di Kota Bandung Akan Digratiskan, Berikut Jalur Koridornya

Dari sektor kesehatan fokus utama adalah terkait dengan memperkuat arsitektur kesehatan global dengan 3 sub isu prioritas.

Sub isu prioritas tersebut terdiri dari pembangunan sistem ketahanan kesehatan global, harmonisasi standar protokol kesehatan global, dan pengembangan pusat studi serta manufaktur untuk pencegahan, persiapan, dan respons terhadap krisis kesehatan yang akan datang.

Terkait pengembangan pusat studi serta manufaktur untuk pencegahan persiapan dalam merespon terkait krisis kesehatan yang akan datang.

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi Danau Toba Melalui Family Sunday Movie

dr. Nadia mengatakan, adanya pertemuan G20 memungkinkan pengembangan yang lebih cepat terhadap penemuan vaksin mRNA dan juga vaksin yang lebih murah, aman, untuk merespon suatu kondisi pandemi.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
X