• Selasa, 29 November 2022

DPR Ingatkan Pemerintah Tak Buru-buru Ubah Status Pandemi Jadi Endemi

- Kamis, 24 Maret 2022 | 12:31 WIB
Ilustrasi, DPR Ingatkan Pemerintah Tak Buru-buru Ubah Status Pandemi Jadi Endemi. (FOTO: Unsplash)
Ilustrasi, DPR Ingatkan Pemerintah Tak Buru-buru Ubah Status Pandemi Jadi Endemi. (FOTO: Unsplash)

KETIKNEWS.ID,-- Pemerintah sedang berencana mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Rencana perubahan status pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi endemi itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Merespon hal itu, Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengingatkan pemerintah Indonesia tak terburu-buru dalam menurunkan status Covid-19 dari pandemi menjadi epidemi.

Baca Juga: Prof Wiku: Turunnya Level PPKM Daerah Patut Diapresiasi dan Dipertahankan

“Saya kira kita harus lebih hati-hati dan tidak buru-buru dalam menetapkan status pandemi ke endemi,” ungkap Putih saat Rapat Kerja dengan Menteri Kesehatan dan RDP dengan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Menurut Putih, untuk menuju endemi, semua harus melalui persiapan yang matang dan kesiapan dari semua pemangku kepentingan serta masyarakat.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Dorong Masyarakat Beli dan Pakai Produk Buatan Lokal

“Beberapa lembaga menjelaskan endemi bukan hanya istilah tetapi ada tahapan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi guna menuju status tertentu. Karena, semua syarat endemi harus dipenuhi berbasis kajian, data akurat dan valid. Harus berhati-hati menuju endemi,” tegasnya.

Putih mengatakan, pemerintah perlu belajar dari banyaknya penyakit dengan status endemi yang masih tetap menyumbang kesakitan dan kematian yang tinggi seperti TB, DBD dan Malaria.

Baca Juga: Restoran Paviliun Indonesia Masuk 10 Tempat Terbaik Minum Kopi di Expo 2020 Dubai

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Parlementaria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkop UKM Pecat Dua ASN Pelaku Pemerkosaan Pegawai

Senin, 28 November 2022 | 14:35 WIB
X