• Selasa, 16 Agustus 2022

Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Kembali Beroperasi, Dirut KAI: Hari Ini Kita Menjadi Bagian dari Sejarah

- Jumat, 25 Maret 2022 | 14:54 WIB
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo. (Humas KAI)
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo. (Humas KAI)

KETINEWS.ID,-- Jalur kereta api Cibatu Garut kembali dioperasikan KAI setelah diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo dab Bupati Garut Rudy Gunawan, serta di Stasiun Garut, Kamis (24/3).

Jalur kereta api Cibatu-Garut dibuka pertama kali pada tahun 1889 dan berhenti beroperasi pada tahun 1983.

Melihat potensi yang ada, KAI mulai melakukan proses reaktivasi jalur tersebut sejak 2018.

Baca Juga: Baleg DPR RI: RUU TPKS Diharapkan Disahkan Sebelum Penutupan Masa Persidangan

Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 km tersebut, juga dioperasikan kembali 3 stasiun yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak sehingga reaktivasi jalur Cibatu-Garut dapat terealisasi.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, Pemprov Jabar, Pemkab Garut serta kepada seluruh warga Kabupaten Garut atas dukungannya selama ini ke KAI. Saya juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang terlibat aktif dan antusias dalam mendukung reaktivasi lintas Garut - Cibatu sejak awal, hingga akhirnya pada hari ini kita bersama-sama menjadi bagian dari sejarah pengoperasian kembali jalur Garut-Cibatu,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Baca Juga: Memperingati Earth Hour Setiap Tangga 26 Maret Bentuk Peduli Terhadap Bumi, Begini Caranya!

Setelah direaktivasi, kini Stasiun Garut memiliki bangunan baru yang menyediakan ruang pelayanan pelanggan, ruang VIP, ruang laktasi, pos kesehatan, ruang keamanan, masjid, toilet difabel, area UMKM, area komersial, ATM, area bermain anak, dan fasilitas lainnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X