• Selasa, 16 Agustus 2022

Cegah Penularan COVID-19, Kemenag Akan Terbitkan Surat Edaran Prokes Ibadah di Bulan Ramadhan

- Rabu, 30 Maret 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi - Cegah Penularan COVID-19, Kemenag Akan Terbitkan Surat Edaran Prokes Ibadah di Bulan Ramadan. (Pixabay.com)
Ilustrasi - Cegah Penularan COVID-19, Kemenag Akan Terbitkan Surat Edaran Prokes Ibadah di Bulan Ramadan. (Pixabay.com)

KETIKNEWS.ID,-- Pemerintah melalui Kementerian Agama segera menerbitkan surat edaran (SE) terkait Protokol Kesehatan terkait ibadah Ramadhan.

Hal ini sebagai kesiapan untuk melakukan aktivitas beribadah atau tradisi rutin di bulan Ramadhan agar aman terselenggara dan tidak menimbulkan penularan.

"Pada prinsipnya pengaturan akan tetap memenuhi aspek dasar protokol kesehatan," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Master Plan Pariwisata Manado-Likupang dan Babel Rampung, Siap Diterapkan Dorong Kebangkitan Ekonomi

Secara garis besar, aspek dasar tersebut meliput pertama mengadakan kegiatan ibadah berjamaah seperti salat tarawih, solat wajib, maupun itikaf dengan tetap memperhatikan kapasitas maksimal. Termasuk tidak membuat kerumunan di titik tertentu sebelum dan sesudah beribadah.

"Umumnya pengaturan ini diatur pemerintah daerah setempat yang mengacu kepada Surat Edaran Kementerian Agama maupun Instruksi Menteri Dalam Negeri sesuai level kabupaten/kota masing-masing," jelasnya.

Kedua, baik pengurus dan pengelola masjid/mushola maupun jamaah harus protokol kesehatan ketat dengan prinsip bahwa tidak ada satupun tempat yang bebas dari penularan.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Diskar PB Kota Bandung Siaga Tanggap Bencana

Terkait aspek ini, pada pengaturan protokol kesehatan mencakup 4 hal yaitu, menyediakan sekaligus memanfaatkan dengan baik fasilitas seperti tempat cuci tangan dan sabun atau hand sanitizer, pengukur suhu tubuh jika ada, sebelum dan sesudah melakukan ibadah.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Covid19.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X