• Kamis, 18 Agustus 2022

Simak, Berikut Fatwa dan Panduan MUI dalam Melaksanakan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H

- Jumat, 1 April 2022 | 15:31 WIB
Simak, Berikut Fatwa dan Panduan MUI dalam Melaksanakan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H. (IST)
Simak, Berikut Fatwa dan Panduan MUI dalam Melaksanakan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H. (IST)

KETIKNEWS.ID,-- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan sembilan panduan dalam menyelenggarakan ibadah selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Hal tersebut ditetapkan oleh Pimpinan MUI dan Komisi Fatwa yang disepakati di Jakarta pada Rabu 30 Maret 2022 lalu.

Pertama, dalam mengawali ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H, umat Islam mengikuti hasil keputusan pemerintah melalui sidang isbat yang didahului konsultasi dengan MUI dan mendengar pandangan ormas-ormas Islam dan instansi terkait berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Baca Juga: Satgas BLBI Sita Tanah 340 Hektare Milik Obligor Agus Anwar

Kedua, mengacu pada Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19 dan melihat kondisi wabah Covid-19 yang sudah terkendali, maka semua hukum penyelenggaraan ibadah yang selama pandemi Covid-19 ada kemudahan (rukhsah) kembali kepada hukum asal (‘azimah).

Hal ini mencakup kewajiban menyelenggarakan shalat Jumat, merapatkan kembali shaf saat shalat berjamaah, dan menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak, seperti jamaah shalat lima waktu dan shalat tarawih.

Ketiga, MUI mengimbau agar Umat Islam mensyiarkan bulan Ramadhan dengan berbagai ibadah seperti shalat Tarawih, tadarus al-Qur’an, mengikuti pengajian, i’tikaf, dan qiyamul lail, serta memperbanyak ibadah, istighfar, dzikir, shalawat, dan senantiasa berdoa kepada Allah swt.

Baca Juga: Festival Kuliner 1001 Bebek di Bangkalan Upaya Pulihkan Ekonomi Pascapandemi

Hal ini agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya (daf’u al-bala’), khususnya dari wabah Covid-19.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Nahdlatul Ulama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Berencana akan Naikan Harga Pertalite

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:33 WIB

HUT RI Ke-77 Usung Konsep Sejarah Bangsa Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:50 WIB
X